Sumsel Sinergikan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan dengan Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Sumsel Sinergikan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan dengan  Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menghadiri peluncuran Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). foto: ist/oganilir.co.--

PALEMBANG, OGANILIR.CO – Gubernur Sumsel H. Herman Deru berharap soft launching Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Provinsi Sumsel tidak hanya menghasilkan diskusi saja. Namun  berlanjut ke eksekusi di lapangan.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengimbau apa pun rekomendasi dari hasil rapat maupun pertemuan untuk segera eksekusi. 

‘’Sehingga rapat atau pertemuan tidak tidak menghasilkan rapat dan pertemuan lagi,’’ tegasnya saat peluncuran empat program unggulan yang bersinergi dengan GSMP.

BACA JUGA:Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Kebutuhan Dapur Warga OKUS Selalu Aman, Bisa Tanam Kacang untuk Lebaran

Dikatakan, meskipun saat ini cuaca cenderung berubah-ubah, namun dengan konektivitas infrastruktur yang telah dibangun melalui jalur darat diyakininya distribusi komoditas pangan akan terjaga. 

‘’Dipilihnya Sumsel menjadi salah satu tempat dimulainya Gerakan Pengendalian Inflasi khususnya di sektor pertanian sangatlah wajar. Sebab, Sumsel merupakan salah satu provinsi lumbung pangan.  Sumsel juga telah menginisiasi program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) serta memiliki rapor yang baik dalam pengendalian inflasi,” katanya

Dikatakan,  potensi pertanian Sumsel yang demikian luar biasa tak ada cara lain untuk menekan laju inflasi tersebut adalah dengan mengubah mindset masyarakat. 

BACA JUGA:Hakim PN Palembang Gelar Sidang Lapangan di Lokasi Objek Sengketa Lahan di Jalan Noerdin Pandji yang Didugat

“Makanya kita masifkan ajakan untuk mengubah mindset masyarakat yang tadinya hanya berpikir untuk membeli jadi bisa memproduksi,’’ katanya.

Untuk mendukung dan memuluskan program GSMP,  Gubernur Herman Deru tak segan mengajak semua pelaku usaha, tokoh agama hingga korporasi yang berkemungkinan memberikan CSR sebagai stimulus.  

‘’Sejak diluncurkan akhir 2021, program GSMP telah memberikan beberapa rapor menggembirakan bagi Provinsi Sumsel,’’ katanya.

BACA JUGA:Terduga Pengancam Polisi Bantah Ditangkap, Katanya Inisiatif Sendiri Datang ke Polsek Pampangan OKI

Selain dinobatkan menjadi salah satu dari 10 provinsi terbaik dalam pengendalian inflasi, gerakan ini juga berkontribusi menurunkan angka kemiskinan di Sumsel. 

‘’Dalam 10 tahun terakhir, angka kemiskinan Sumsel berada di angka 11 persen.

Sumber: