Warga Desa Sawah Terus Maksimalkan Potensi Air Terjun Ayek Deghian yang Selama Ini Terpendam

Warga Desa Sawah Terus Maksimalkan Potensi Air Terjun Ayek Deghian yang Selama Ini Terpendam

Suasana objek wisata air terjun Ayek Deghian di Desa Sawah, Muara Pinang, Empat Lawang, Sumatera Selatan yang menyuguhkan hijau Bukit Barisan dan Gunung Dempo. foto: tangkapan layar instagram.com/@ipa_desasawah--

EMPAT LAWANG, OGANILIR.CO - Indahnya suasana objek wisata air terjun Ayek Deghian yang terletak di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, provinsi Sumatera Selatan.

Keindahannya menyuguhkan hijau Bukit Barisan dan Gunung Dempo. Kebanyakan pengunjung kawula muda dari berbagai wilayah di Kabupaten Empat Lawang, Lahat serta Pagaralam, bahkan Palembang datang ke lokasi ini.

Pengunjung ke air terjun ini bahkan bisa tembus 150 orang per harinya.

"Tak hanya menikmati air terjun saja. Pengunjung bisa menikmati air terjun Ayek Bayau dan pemandian Puyang Puti," ujar Kepala Desa (Kades) Sawah, Herman Pelani.

BACA JUGA:Kalimatnya Picu Kegaduhan, Wajar Banyak Video Prajurit TNI Kecam Ucapan Effendi Simbolon

Pihaknya terus memaksimalkan pembangunan sarana dan prasarana untuk menarik wisatawan lebih banyak lagi untuk datang dan berkunjung ke Desa Sawah.

Wisatawan juga disuguhkan kearifan lokal masyarakat bercocok tanam. Sepanjang perjalanan banyak kebun sayur mayur, kakau, kopi serta buah-buahan perkebunan masyarakat berumur puluhan tahun.

Ya, air terjun Deghian adalah harta yang terpendam  yang selama ini seakan tersembunyi di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang.

Air terjun yang miliki ketinggian sekitar 25 meter itu, sangat eksotik dan menawan. Dengan suguhan alam deretan pohon hijau Bukit Barisan dan Merapi Gunung Dempo.

BACA JUGA:Bukan Janda, Wanita Tewas Terjerat di Parkiran DPRD Riau Ternyata Sudah Nikah Siri dengan Saksi F

Udara sejuk, khas hutan hujan tropis menyelimuti kawasan air terjun. Uniknya lagi, variasi bebatuan yang terbentuk secara alami. Beberapa air terjun kecil yang berada di bawah air terjun.

Tidaklah sulit menuju lokasi wisata air terjun itu, kurang lebih 15 menit dari Desa Sawah. Semua kendaraan pun bisa melintas dan masuk lokasi. 

“Pengunjung hanya bayar tiket masuk Rp5 ribu, bisa menikmati pesona air terjun,” kata Iskandar, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sawah.

Pesona Air Terjun Deghian, ikut penilaian Anugeah Pesona Wisata Provinsi Sumsel tahun 2022. Juri Anugerah Pesona Wisata Provinsi Sumsel, Burmansyah SE MSi, mengaku salut atas pesona wisata yang ada. Berbagai fasilitas disediakan, mulai dari saung, WC serta lainnya. 

Sumber: