Pencipta Lagu Apuse Berpulang, Lagunya akan Makin Melegenda

Pencipta Lagu Apuse Berpulang, Lagunya akan Makin Melegenda

Tete Mandosir Sarumi pencipta lagu Apuse meninggal dunia hari ini, Rabu, 14 September 2022. foto: @yaqutcquomas --

PAPUA, OGANILIR.CO - Siapa yang tak kenal lagu Apuse. Lagu yang boleh dibilang melegenda. Sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan lagu ini.

Liriknya mungkin banyak yang tidak tahu artinya. Tapi ya enak saja didengar, enak juga dinyanyikan. Pokoknya menghibur, ceria.

Tapi sayangnya kita terkadang lupa mengingat siapa pencipta lagu indah ini. Namanya, Tete Mandosir Sarumi. Kabar duka, Tete berpulang hari ini.

Untuk diketahui, lagu Apuse ini pernah dipopulerkan oleh Corry Rumiono. Dinyanyikan dalam lomba Bintang Radio. 

BACA JUGA:Geger Temuan Bayi Terbakar, Polisi Langsung Olah TKP, Diduga Bayi Akibat Hubungan Terlarang

Apuse merupakan lagu daerah Biak, Provinsi Papua, yang seringkali dipelajari dalam pelajaran kesenian sejak bangku Sekolah Dasar (SD). 

Menjadi lagu daerah yang di dalamnya menceritakan tentang seorang cucu yang berpamitan kepada kakek dan neneknya.

Sang cucu dalam lagu Apuse tersebut berpamitan karena hendak pergi merantau ke Teluk Doreri di Manokwari. Teluk Doreri adalah pintu masuk menuju Manokwari melalui jalur laut. 

Ya, kabar duka itu datang dari pencipta lagu Apuse dari daerah Papua, Tete Mandosir Sarumi, yang dikabarkan meninggal dunia

BACA JUGA:Teman Akrab Dipukuli Pakai Kayu Sampai Mati, Isu Merebak Dugaan Selingkuh, Polisi Sebut Masalah Pribadi

Kabar tersebut dari cuitan terbaru akun Twitter Menteri Agama RI @YaqutCQuomas pada Rabu, 14 September 2022.

“Selamat pulang ke peristirahatan kekal, Tete Mandosir Sarumi,” tulis Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas melalui akun Twitternya.

Banyak orang tidak mengetahui nama asli dari pencipta lagu daerah Papua berjudul Apuse. Dalam cuitannya, Yaqut menuliskan, pencipta lagu Apuse itu lebih dikenal dengan nama NN.  

“Sebuah nama yang kita lebih kenal dengan nama Pencipta NN untuk lagu Papua Apuse. Namanya tidak dikenal. Bahkan di Google juga tidak ada,” sambung Yaqut.

Sumber: