Rizqina Juara Fahmil Quran Putri Sumsel , Asal Ogan Ilir Berpulang

Rizqina Juara  Fahmil Quran Putri  Sumsel , Asal Ogan  Ilir Berpulang

Almarhumah Rizqina (foto Ist)--

OGANILIR.CO-Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah, salah satu peserta  anggota tim/regu cabang Fahmil Quran putri yang pernah mengharumkan nama Kabupaten Ogan Ilir, meraih juara 1 pada MTQ XXIX Provinsi Sumsel tahun 2022, Rizqina binti Syahidin (18 tahun), Rabu 26 April 2023 sekitar pukul 03.00 dini hari  meninggal di RS Bunda Jakabaring Palembang.

  Almarhumah Rizqina meninggal karena sakit dan  dimakamkan di Desanya, Senuro Barat Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI), Rabu siang, 26 April 2023.

Selain orang tuanya ,keluarga, sanak saudara , sahabat teman semasa hidupnya , para tetangga ikut melepas ke tempat peristirahatan terakhir yakni  pemakaman, juga terlihat  Sekretaris LPTQ Sumsel, KH Agus Jaya, Lc, M.Hum didampingi Kabid Itpubdok, Drs H Iklim Cahya, MM. Juga hadir Kabag Kesra Pemkab OI, Ahmad Albatani, S.HI, M.Si, Ketua LPTQ OI, Ki Abdul Gofar Ruslan, Wakil Rektor III IAIQ Al-Ittifaqiah, Dr Zaimudin,  Kepala Humas Ponpes Al-Ittifaqiah, Ust Ferry Heryadi, Kades Senuro Barat, Abdul Rasyid, serta sejumlah tokoh agama dan ratusan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Mengenal Sabilah Roudatul Jannah, Qariah Cilik Peserta MTQ Termuda, Bercita-Cita Jadi Qariah Internasional

Sebelum dilepas ke pemakaman, jenazah Almarhumah Rizqina terlebih dahulu di salatkan di masjid setempat, dengan imam H Syamsudin, tokoh agama Desa Senuro Barat. Sedangkan doa dipimpin oleh Ust H Agus Jaya dan Ki Abdul Gofar dari LPTQ. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin bersama  dipimpin oleh Dr Zaimudin, Warek III IAIQ Al-Ittifaqiah.

Mewakili keluarga besar LPTQ dan Ponpes Al-Ittifaqiah Ust Agus Jaya  menyampaikan rasa duka yang mendalam dan  kehilangan atas kepergian Almarhumah Rizqina .

BACA JUGA:Dubes Qatar Ridwan Hassan Ajak Peserta MTQ Indonesia Ke Kantor KBRI

Menurut Agus Jaya, almarhumah Rizqina bukan hanya menjadi milik keluarga dan Desa Senuro Barat, tapi juga sudah menjadi milik Sumatera Selatan. Selain merupakan salah seorang anggota cabang Fahmil Quran tingkat provinsi, Almarhumah Rizqina juga pernah menjadi utusan Sumsel pada MTQ Nasional. 


--

“Kami meminta kepada keluarga untuk mengikhlaskan kepergian Almarhumah Rizqina. Dan semua yang hadir mari kita bermunajad kepada Alllah SWT,  Mudah-mudahan sebagai hamba yang sudah hafaz Alquran 30 juz, almarhumah Rizqina akan ditempatkan di SurgaNya Allah SWT’’tutur Ust Agus Jaya.

BACA JUGA:Kh Mudrik Dampingi Abi Quhafah Ikuti MTQ Internasional Di Qatar

Senada disampaikan Bupati Ogan Ilir  Panca Wijaya Akbar yang diwakili Kabag Kesra Ahmad Albatani. Menurut bupati, almarhumah Rizqina semasa hidupnya telah mengharumkan nama baik Kabupaten Ogan Ilir, baik dikancah provinsi maupun nasional. “Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan Almarhumah menjadi amal jariah’’ucap Bupati.

Baik Agus Jaya maupun Albatani berharap, kelak dari keluarga almarhumah dan dari Desa Senuro Barat dan Senuro Timur,  akan muncul generasi penerus yang hapal dan paham Al-Quran seperti Almarhumah Rizqina. 

BACA JUGA:STQH Ogan Ilir Mulai Di Gelar, Target Juara Umum Seperti MTQ Sumsel

Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori yang juga Mudir Ponpes Al-Ittifaqiah menyebut Almarhumah Rizqina adalah santriwati yang baik dan berprestasi. Kh Mudrik mendoakan semoga almarhumah ditempatkan di SurgaNya, karena pada dasarnya almarhumah yang selalu berjuang sebagai ahlul quran, tercatat sebagai syahidah.

Untuk diketahui, Almarhumah Rizqina bersama dua temannya, pada MTQ Provinsi Sumsel bulan Mei tahun 2022 lalu, berhasil menjadi juara pada cabang Fahmil Quran putri. Kemudian Almarhumah  dikirim mengikuti MTQ Nasional tahun 2022 di Kalimantan Selatan , kendati tidak meraih medali

Dan sampai akhir hayatnya Almarhumah  Rizqina tercatat sebagai  santriwati kelas XII Madrasah Aliyah Ponpes Al-Ittifaqiah Indralaya, juga memperdalam ilmu agama di Ponpes Pena Kita Sakatiga.(sid)

Sumber: