Seluruh Kepala Sekolah SD-SMP Se Ogan Ilir Akan Ikuti Bimtek IKM di Batam.

Seluruh Kepala Sekolah SD-SMP Se Ogan Ilir  Akan Ikuti Bimtek IKM di Batam.

Kadisdikbud Kabupaten Ogan Ilir Sayadi SSos--

Seluruh Kepala Sekolah SD-SMP Se Ogan Ilir  Akan Ikuti Bimtek IKM di Batam.

OGANILIR.CO-Seluruh Kepala Sekolah (KS) Jenjang Pendidikan SD dan SMP sekabupaten Ogan Ilir , dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ogan Ilir akan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemerintah Ogan Ilir, Sayadi SSos mengatakan, Bimtek yang akan diikuti oleh para Kepsek SD dan SMP tersebut,  untuk  peningkatan kompetensi para guru  sebagai bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

“Ada sekitar 200 an peserta dari para KS SD dan SMP yang akan mengikuti Bimtek tersebut, sumber dananya berasal dari Tunjungan Profesi Guru dan  dana Bantuan  Operasional Sekolah (BOS) masing-masing sekolah sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 4 Tahun 2022,’’kata Sayadi.

BACA JUGA:Kadisdikbud Ogan Ilir, Larang Permainan Lato-Lato Dibawa Ke Sekolah

Dimana kata Sayadi, Permendikbudristek tersebut tentang TPG yang diperuntukan untuk peningkatan kompetensi pendidik. Kemudian dana BOS untuk peningkatan kompetensi pendidik sesuai dengan Pasal 36 point f Permendikbudristek Nomor 63 tahun 2022.Bahwa didalam petujuk teknis (Juknis) BOS diperuntukkan untuk transportasi dan penginapan atau dengan kata lain, hanya dua kebutuhan tersebut yang bisa dibiayai BOS.

"Sesuai arahan Bapak Bupati Ogan Ilir, bimtek dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam memahami IKM," jelas Sayadi

Sebagai langkah awal pembelajaran dan pemahaman kurikulum merdeka yang akan diterapkan secara serentak pada jenjang SD dan SMP tahun ajaran 2023/2024. “Bimtek IKM yang akan diikuti ini, dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah  dalam memahami kurikulum merdeka,’’tutur Sayadi.

BACA JUGA:Antisipasi Disalahgunakan, Disdikbud Ogan Ilir, Musnahkan Ribuan Ijazah Sisa dan Rusak

Sayadi menjelaskan, mengapa Disdikbud memilih Batam di Provinsi Kepulauan Riau sebagai tempat pelaksanaan bimtek IKM ?

“Karena Batam telah lebih dulu menerapkan Kurikulum Merdeka pada angkatan 1 tahun 2021 dan angkatan 2 tahun 2022 dan dinyatakan terbaik secara nasional, inilah alasannya" jelas Sayadi.

Bahkan pada Februari lalu, tim dari Disdikbud Kabupaten Ogan Ilir telah melakukan survei dan mengunjungi SMPN 12 Batam.

“Banyak hal didapat baik dari sisi kegiatan belajar-mengajar, pelaksanaan program penguatan profil pelajar Pancasila dan keterampilan guru dalam penerapan karakter mulia bagi siswa,’’imbuhnya.

BACA JUGA:900 Guru Honor di Ogan Ilir Bakal Dilantik jadi PPPK, Tunggu Kepmendikbudristek

Sumber: