Kampung Adat Si Pahit Lidah di Dempo Tengah, Pikat Banyak Wisatawan Berkunjung

Kampung Adat Si Pahit Lidah di Dempo Tengah, Pikat Banyak Wisatawan Berkunjung

Patung si pahit lidah, destinasi menarik wisata di Kampung Adat, Kelurahan Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam. foto: kris samiaji/sumeks.--

PAGARALAM, OGANILIR.CO – Siapa yang tak mengenal cerita legenda pendekar sakti Serunting Sakti Si Pahit Lidah?

Cerita itu terus berlanjut dengan banyak versi, cerita kesaktian si pahit lidah itu diabadikan di Kampung Adat, Kelurahan Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam.

Lokasi ini menjadi destinasi para wisatawan lokal dan nasional,  tentu saja legenda pendekar Serunting Sakti Si Pahit Lidah jadi daya tarik utamanya.

Patung Si Pahit Lidah setinggi lima meter berdiri di Bukit Barisan dan ada juga makam yang diperkirakan Si Pahit Lidah dikubur di sana, ukuranya 2 meter lebih. 

BACA JUGA:Erling Haaland Cetak Gol Penentu ke Gawang Mantan, Sedih Tak Ada Perayaan, Man City vs Borussia Dortmund 2-1

Pengunjung juga bisa melihat cagar budaya batu penyumpahan pengadilan adat. 

Di lokasi ini juga wisatawan bisa menikmati puluhan rumah Bari berdiri rapi di Kelurahan Pelang Kenidai.

Wisata Pelang Kenidai ini ikut penilaian Anugerah Pesona Wisata Provinsi Sumsel tahun 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung.

Lalu di dinding makam, ditutupi kain putih. Beberapa warga terlihat ziarah dan takziah di depan makam pendekar sakti itu.

BACA JUGA:Hokky Caraka Cetak 2 Gol di Babak Pertama, Timnas U-20 Unggul Atas Timor Leste 2-0

“Banyak orang datang ziarah dan takziah di depan makam Si Pahit Lidah,” kata Repi Mujaridin, juri kunci makam Si Pahit Lidah. 

Yakni berminta dan bayar nazar. Adapun pengunjung, diakuinya, kebanyakan dari wilayah Sumsel dan luar negeri. Seperti Turki, India serta Kanada.

Juri Anugerah Pesona Wisata Provinsi Sumsel, Juharmansyah SE MSi, mengatakan, legenda Si Pahit Lidah potensi besar menarik wisatawan. 

Lokasi wisata haruslah dikelola dan perhatikan sarana prasarana, demi berikan kenyamanan pengunjung. 

Sumber: