Ogan Ilir Rebut Juara Umum Dari Palembang, di STQH Tingkat Provinsi Sumsel 2023

Ogan Ilir Rebut Juara Umum Dari Palembang, di STQH Tingkat Provinsi Sumsel 2023

Ketua LPTQ Sumsel Kh Mudrik Qori dan pengurus lainnya memberikan pengarahan--

Ogan Ilir Rebut Juara Umum Dari Palembang, di STQH Tingkat Provinsi Sumsel 2023

LUBUKLINGGAU, OGANILIR.CO- Kafilah Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH)) Kabupaten Ogan Ilir (OI) meraih Juara umum pada STQH XXVII Provinsi Sumsel yang digelar di Lubuklinggau, 16 - 22 Mei Sabtu 2023.

Kabupaten Ogan Ilir berhasil merebut juara umum setelah dipegang oleh Kafilah Kota Palembang pada STQH tahun 2021 lalu .

Dengan demikian keberhasilan ini, Ogan Ilir mampu  menyandingkan Tropi  juara umum TTQH dengan juara umum MTQ XXIX Provinsi Sumsel yang diraih tahun 2022 lalu.

BACA JUGA:Ogan Ilir dan Palembang Dominasi Final STQH Sumsel 2023 di Lubuklinggau

Pada final STQH, Kafilah Ogan Ilir dari 4 cabang dan 20 golongan yang dilombakan, berhasil mengantarkan 12 orang pesertanya. Dari 12 peserta tersebut, 6 peserta meraih medali emas (juara 1) yakni untuk tilawah dewasa putra, tahfiz 1 juz tilawah putri, tahfiz 1 juz tilawah putra, tahfiz 5 juz tilawah putra, tahfiz 10 juz putra, dan hadist 500 tanpa sanad putri. 

Kemudian juga meraih medali perak (juara II) sebanyak 4 peserta, dan juara 3 (medali perak) 2 peserta. Dengan meraih 6 medali emas, 4 perak, dan 2 perunggu, kafilah OI mengantongi nilai 44.

Atas Prestasi tersebut,  Kabupaten Ogan Ilir dinobatkan sebagai juara umum STQH tahun 2023. Sementara Kafilah Kota Palembang  Pada STQH 2023 ini dari sebanyak 11 peserta yang masuk babak final, hanya mengantongi 4 medali emas dari cabang/golongan Tafsir Bahasa Arab putri, hadits 100 bersanad putra, tahfiz 10 juz putri, dan tahfiz 20 juz putri. Palembang meraih nilai 35 dan menjadi juara II (Runner up) di bawah Ogan Ilir . 

BACA JUGA:Wabup H Ardhani Resmi Buka STQH Ogan Ilir

Hasil final  yang ditayangkan secara live score, dan dihimpun Wakil Sekretaris Dewan Hakim STQH XXVII Provinsi Sumsel tahun 2023, Khomsun Isnanto, S.Ag, M.Si, walau tidak sebanyak Ogan Ilir  dan Palembang, sejumlah kabupaten/kota lainnya juga mampu mengantarkan pesertanya ke babak final dan meraih medali.

Seperti Kabupaten PALI pada STQH 2023 ini menempati rangking III setelah Kota Palembang. Lalu Kabupaten Lahat menempati rangking 4. Kabupaten Banyuasin bersama Kabupaten Muaraenim menempati rangking 5. 

Sedangkan Kabupaten Muba dan Mura di urutan ke 6. Lalu Kabupaten OKI meraih urutan 7, Kota Lubuklinggau urutan 8, Kota Prabumulih urutan 9, serta Kota Pagaralam dan Kabupaten OKU di urutan 10. Disusul Kabupaten Muratara dan OKU Selatan.

BACA JUGA:STQH Ogan Ilir Mulai Di Gelar, Target Juara Umum Seperti MTQ Sumsel

BACA JUGA:Mengenal Sabilah Roudatul Jannah, Qariah Cilik Peserta MTQ Termuda, Bercita-Cita Jadi Qariah Internasional

Sumber: