Upacara Lahir Pancasila, Kepsek SMAN 1 Indralaya Utara Bacakan Pidato Kemendikbud

Upacara Lahir Pancasila, Kepsek SMAN 1 Indralaya Utara Bacakan Pidato Kemendikbud

Kepsek SMAN 1 Indralaya Utara Drs Thohir Hamidi menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila --

Upacara Lahir Pancasila, Kepsek SMAN 1 Indralaya Utara Bacakan Pidato Kemendikbud

OGANILIR.CO- Sejumlah lembaga Pendidikan jenjang SLTA di Kabupaten Ogan Ilir melaksanakan upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.

Tidak terkecuali SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir juga melasanakan upaca Hari Lahir Pancasila,  dengan inspektur Upacara Kepala Sekolah SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Drs. Thohir Hamidi, M. Si.

Upacara diikuti oleh seluruh siswa dan tenaga pengajar SMAN 1 Indralaya Utara, berlangsung lancar, aman  dan sukses serta sakaligus mendengarkan pidato Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud)  Nadiem Anwar Makarim, yang dibacakan Kepsek SMAN 1 Indralaya Utara Drs Thohir Hamidi MSI.

BACA JUGA:Kastanisasi Pendidikan, Tidak Sesuai Dengan Nilai Pancasila

Dalam pidatonya Menteri Nadiem menyebutkan, menjelang kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, tepatnya pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945, para pendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia.

Dalam menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, Pancasila digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal.

Sebagai sebuah ideologi, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman.

BACA JUGA:SMAN 1 Indralaya Utara Gelar Pelepasan Peserta Didik Kelas XII

Pancasila, hingga saat ini, tetap relevan di tengah dinamika. Prinsip-prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktivitas negara.

Di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara Indonesia.

Dilanjutkan Drs Thohir Hamidi, bahwa Pancasila mengandung 5 nilai universal dasar, yakni:

BACA JUGA:Jadi Pembina Upacara Di SMAN 1 Indralaya Utara, Kapolres Ogan Ilir Ingatkan Para Siswa Dan Guru, Harus Bijak B

Ketuhanan.

Sumber: