Pelepasan 2.567 Lampion Akhiri Peringatan Hari Raya Waisak 2023 di Candi Borobudur

Pelepasan 2.567 Lampion Akhiri Peringatan Hari Raya Waisak 2023 di Candi Borobudur

Pelepasan 2.567 lampion di pelataran Candi Borobudur, Ahad 4 Juni 2023 malam. foto: yessy artada/jpnn.com--

Pelepasan 2.567 Lampion Akhiri Peringatan Hari Raya Waisak 2023 di Candi Borobudur

BOROBUDUR, oganilir.co - Peringatan Hari Raya Waisak 2023 yang digelar di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Ahad 4 Juni 2023, diakhiri dengan pelepasan lampion. Pelepasan lampion dilakukan di Pelataran Candi Borobudur, Ahad 4 Juni 2023 malam.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 2.567 lampion dilepas ke udara. Pada kertas lampion terdapat tulisan harapan untuk rakyat Indonesia yakni "Semoga Rakyat Indonesia Sejahtera Selalu".

Pelepasan lampion diawali dengan serangkaian doa yang diikuti ribuan umat Budha. Hadir dalam acara pelepasan lampion Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan beberapa jajaran direksi perusahaan pelat merah.

"Kami sangat mendukung apalagi kalau kita lihat 32 bhikkhu yang hadir itu luar biasa, apresiasi masyarakat kita luar biasa, itulah Indonesia yang harus kita jaga. Kita baru tiga hari mengingat hari kelahiran Pancasila, dan itu fundamental yang saya rasa perbedaan menjadi sebuah kesatuan yang jadi kekuatan bangsa kita dan ini harga mati. Ini apresiasi di masyarakat bagaimana keberagaman, kesepakatan lintas agama harus kita hormati satu sama lain," kata Erick Thohir.

BACA JUGA:Ribuan Umat Budha Peringati Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

Sementara itu, Ketua Umum DPP WALUBI Hartati Murdaya menambahkan bahwa pelepasan lampion memiliki makna melangitkan doa dan harapan untuk kebaikan sesama dan semesta. "Pelepasan Lampion menjadi simbol yang sakral untuk melepaskan hal-hal negatif di dalam diri setiap umat manusia. Momen ini menjadi simbol harmonisasi semua umat di atas segala perbedaan. Ribuan lampion akan diterbangkan di atas langit Borobudur pada 4 Juni 2023, menandai Puncak Perayaan Waisak 2023," ujarnya.

Donny Oskaria, direktur utama InJourney, berharap tahun ini semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur, khususnya Umat Budha di seluruh dunia melakukan peribadatan dengan nyaman dan khidmat di Indonesia.

Dia memberikan apresiasi kepada Walubi dan TWC yang telah menyiapkan tradisi Waisak sejak beberapa pekan dan hasilnya maksimal, demi terciptanya suasana nyaman dan sakral bagi umat Budha yang akan beribadah di Candi Borobudur.

"Peristiwa ini menunjukkan betapa hebatnya Indonesia, bagaimana sambutan yang luar biasa dari masyarakat dari berbagai macam agama. Hal tersebut menunjukkan Kebhinekaan yang harus kita sampaikan ke dunia bahwa Indonesia adalah satu negara yang sangat toleransi satu sama lain," tutur Dony Oskaria.(jpnn)

 

Sumber: