Catat, ini Jumlah Kebutuhan dan Persediaan Hewan Kurban di Banyuasin

Catat, ini Jumlah Kebutuhan dan Persediaan Hewan Kurban di Banyuasin

Ilustrasi.--

Catat, ini Jumlah Kebutuhan dan Persediaan Hewan Kurban di Banyuasin

BANYUASIN, oganilir.co  - Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Banyuasin Edil Fitriadi SP MSi menjamin kebutuhan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 1444 H, aman.

"Kebutuhan hewan kurban baik itu sapi dan kambing aman, " katanya. 

Pihaknya sendiri, sambung Edil, sudah melakukan pendataan terhadap kebutunan dan persediaan hewan kurban di Banyuasin. Dimana jumlah stok hewan kurban sebanyak 1.105 ekor sapi dan 1.350 ekor kambing.

"Kami anggap aman, karena dari pembelian masyarakat masih di bawah itu biasanya," kata Edil Fitriadi.

Permintaan hewan kurban, tambah Edil, yang terdata di Dinas Perkebunan dan Peternakan Banyuasin, permintaan di tahun 2023 sebanyak 1.065 sapi dan 1.230 kambing. Dengan melihat persediaan dan kebutuhan, hewan kurban di Banyuasin cukup.

"Masih banyak stok dibanding permintaan," ujarnya.

BACA JUGA:Wajib Tahu Hukum Berkurban Bagi Umat Islam, ini Penjelasan Para Ulama

Diktakannya, Dinas Perkebunan dan Peternakan Banyuasin juga sudah mendata jumlah peternak. Apakah itu peternak sapi maupun kambing. Tercatat ada 19 peternak sapi dan 23 peternak kambing yang tersebar di Kabupaten Banyuasin.

"Kami juga terus memantau untuk penjualan hewan yang ada di Kabupaten Banyuasin. Ini untuk mengantisipasi pedagang hewan kurban nakal," tukasnya. 

Edil menambahkan untuk ciri ciri hewan kurban yang sehat yaitu mata merah, bulu mengkilap, hewan aktif (tidak lesu), feses tidak mencret, nafsu makan baik, kencing normal, tidak demam, hidung basa. 

"Kita himbau kepada pedagang hewan kurban agar menjual hewan kurban baik yang sudah memenuhi persyaratan hewan kurban, Sehat dan sudah cukup umur, " tegasnya. Untuk pembeli agar membeli hewan kurban yang sehat, tidak cacat, berjenis kelamin laki laki dan cukup umur.

Sumber: