Tofan Arnol : Tebas Bayang Akan Kami Tindak Lanjuti

Tofan Arnol : Tebas Bayang Akan Kami Tindak Lanjuti

Kondisi jalan di Tanjung Pering Indralaya Utara, terjadi penyempitan, akibat tebas bayang tidak terlaksana--

Tofan Arnol : Tebas Bayang Akan Kami Tindak Lanjuti 

OGANILIR.CO- Masih banyak terlihat jalan Kabupaten, Kecamatan dan Desa di Kabupaten Ogan Ilir yang ditumbuhi rumput liar hingga terjadi penyempitan jalan, bakal ditindaklanjuti oleh  dinas yang membidanginya.

“Kalau untuk kegiatan tebas bayang, yang membidanginya adalah dinas kami, memang sebelumnya  bukan dinas kami,’’kata Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Pemkab Ogan Ilir, Tofan Arnol, Minggu 18 Juni 2023.

Atas informasi mengenai  masih banyaknya jalan yang ditumbuhi rumput liar hingga terjadi penyempitan jalan, pihaknya segera menindaklanjutinya, untuk melaksanakan tebas bayang.

BACA JUGA:PUPR Ogan Ilir Tidak Melaksanakan Tebas Bayang, Rumput Liar Menjalar Ke Jalan.

“Kami segera  akan menindaklanjuti kegiatan tebas bayang, pada jalan yang telah banyak ditumbuhi rumput liar , baik itu jalan Kabupaten, Kecamatan dan desa,’’katanya .

Diakui Tofan Arnol, memang ada kendala dalam pelaksanaan tebas bayang, dimana ketika petugasnya mendapatkan ada pohon besar yang harus dibabat  yang ada dipinggir jalan.

“Untuk alat rumput kita sudah siap membersihkan rumput liar yang sudah tumbuh meninggi, tapi terkadang ada tanaman tumbuh yang cukup keras, sehingga dibutuhkan alat, oleh karenanya, kami akan berkoordinasi dengan pihak PUPR untuk mengatasi tumbuhan tersebut,’’terangnya .

BACA JUGA:Introduksi Rumput Unggul Untuk Pakan Kerbau di Banyuasin

Seperti diketahui, pelaksanaan kegiatan perawatan ruang milik jalan (Rumija) atau yang populer disebut Tebas Bayang , dengan penanggungjawab ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Ogan Ilir, sepertinya tidak berjalan.

Buktinya banyak jalan  Kabupaten, Kecamatan hingga Desa  terjadi penyempitan jalan, akibat  pada sisi kiri dan kanan jalannya ditumbuhi rumput liar hingga memakan jalan.

Seperti pantauan langsung media oganilir.disway.id ,pada jalan menuju Desa Tanjung Pering, jalan Tanjung Baru, dan beberapa jalan lainnya, terjadinya penyempitan  jalan akibat ditumbuhi rumput liar.

BACA JUGA:Maintenance Lapangan Piala Dunia U-20 di Jakabaring Diambil Alih PUPR, Rumput Natural Disulam Rumput Sintetis

Banyak pengguna jalan mempertanyakan, biaya anggaran perawatan Tebas Bayang tersebut, yang semestinya dikeluarkan ’’Setahu kami penanggungjawab Tebas Bayang ada di Dinas PUPR,’’kata Burhanudin.

Sumber: