Hajar Vietnam 2-3, Timnas Indonesia U-20 Berangkat ke Piala Asia 2023

Hajar Vietnam 2-3, Timnas Indonesia U-20 Berangkat ke Piala Asia 2023

Selebrasi Marselino yang masuk di babak kedua sukses memecah kebuntuan Timnas Indonesia U-20. Marselino sukses mencetak gol indah pada menit ke 60. foto: instagram.com/@pssi/oganilir.co--

SURABAYA, OGANILIR.CO - Laga seru sampai akhir tersaji di stadion Gelora Bung Tomo. Stadion yang pada penonton itu akhirnya memberikan semangat yang luarbiasa buat Timnas U-20 menghancurkan Vietnam U-20 dengan skor ketat, 3-2.

Hasil ini menjadikan Timnas Indonesia U-19 resmi menjadi pemuncak klasemen Kualifikasi AFC U20 2023 dengan total 9 angka dari 3 pertandingan Grup F alias selalu menang. Sebaliknya, Vietnam di posisi runner-up dengan torehan 6 angka dari 3 laga.

Laga super panas, Minggu,18 September 2022 baru saja usai dan membuat Timnas Indonesia U-20 langsung loloas ke Piala Asia U-20 pada 2023 nanti.

Kemenangan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya membuat Garuda Muda menjadi juara Grup F di klasemen akhir Grup F Kualifikasi AFC U20 2023, sedangkan Vietnam jadi runner-up.

BACA JUGA:Dukung Sriwijaya FC Lebih Dekat, Singa Mania, S-Man dan Ultras Palembang Sudah di Medan

Pertarungan sampai akhir di Gelora Bung Tomo sangat menegangkan Timnas Indonesia lebih dulu unggul lewat gol Marselino pada menit ke 60.

Namun Vietnam tak mau menyerah, terus menyerang dengan strategis serangan balik. Dan sukses membalas 2 gol. Pertama gol terjadi 'bunuh diri; dimana Muhammad Ferrari yang berupaya menghalangi Dinh Xuan Tien yang sudah tepat di depan gawang Timnas Indonesia.

Hanya delapan menit, Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia cukup tenang mengatur strategi dan hasilnya luarbiasa, Timnas Indonesia berbalik unggul lewat Muhammad Ferrari (81') dan Rabbani Tasnim (84').

Tampil di matchday 3 Kualifikasi Piala Asia U20 2023, Timnas U-20 Indonesia menggunakan semua kartu mereka di line-up: Hokky Caraka sang pencetak hattrick ke gawang Timor Leste dan Ronaldo Kwateh memimpin lini depan. Sementara itu, Frengky Missa diletakkan sebagai full back kiri.

BACA JUGA:Jangan Lupa Sore Ini PSMS Medan vs Sriwijaya FC di Stadion Teladan Medan

Sementara itu, Vietnam memainkan formasi 5-4-1 yang membuat The Golden Star Warriors punya kekuatan lebih di sektor sayap. Kombinasi Dinh Xuân Tiến dan kapten Khuat Van Khang bekerja di lini tengah, sedangkan di depan ada Nguyen Quoc Viet, penyerang Nutifood.

Sepanjang babak pertama, Timnas U-20 Indonesia menemui jalan buntu. Garuda Muda kesulitan mencari tembakan tepat sasaran ke gawang Cao Van Binh. Ada momentum ketika Hokky Caraka mendapatkan bola muntah hasil tembakan Ronaldo Kwateh yang ditepis kiper Vietnam, tetapi ia kehilangan momentum.

Berikutnya, Hokky tidak cukup hoki ketika ia yang terbebas di depan gawang, membelokkan bola melebar. Sementara itu, kesempatan Frengky Missa ketika tinggal berhadap-hadapan dengan Cao Van Binh jadi sia-sia ketika ia memutuskan menembak first time.

Vietnam, meski kalah dalam penguasaan bola, beberapa kali menunjukkan serangan yang menggigit, terutama di sektor kiri pertahanan Garuda yang sering berlubang seiring overlap Frengky Missa. Namun, The Golden Star Warriors juga tidak bisa menciptakan peluang berarti di 45 menit awal.

Sumber: