Danau Merung, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Muratara Sumsel

Danau Merung, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Muratara Sumsel

Danau Merung. foto: zulkarnain SEG--

Danau Merung, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Muratara Sumsel

MURATARA, oganilir.co - Objek wisata Danau Merung di Desa Lesung Batu Muda, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara, akhir-akhir ini mulai populer di tengah masyarakat.

Destinasi wisata alam ini ramai dikunjungi warga  pascaHari Raya Idulfitri 1444 H hingga sekarang. Bahkan, kunjungan sejumlah turis mancenagara dan rombongam rider beberapa waktu lalu meramaikan Danau Merung.

Objek wisata Danau Merung awalnya hanya bendungan berupa danau irigasi yang sudah lama terbentuk di wilayah Muratara.

Abdullah, warga Kecamatan Rawas Ulu mengungkapkan, jika di wilayah Desa Lesung Batu merupakan permukiman lama yang sudah memiliki historis sejarah kebudayaan masa lampau.

"Selain Danau Merung, ada juga Candi Lesung batu dan Curug Leran di wilayah kami. Untuk Danau Merung memang bagus saat sore, karena pemandangannya eksotis," kata Abdullah saat dibincangi Sumatera Ekspres (oganilir.co Grup), Jumat 23 Juni 2023.

BACA JUGA:Pengantin Baru di Muratara Tewas 'Gantung Diri', Warga Sangsi

Dikatakannya, saat ini sudah ada penataan kecil-kecilan yang diperuntukkan untuk pengunjung objek wisata Danau Merung. Mulai dari pembersihan sekitar areal lokasi, tempat istirahat pengunjung, pengecatan, hingga pemasangan plang petunjuk di tepi Jalinsum Muratara.

Warga berharap, objek wisata ini bisa menjadi salah satu wisata populer, khususnya di wilayah Muratara. Selain Danau Raya dan Sanau Bukit Layang.

 Dia mengatakan, pada tahun lalu, belum banyak warga yang mengetahui dan mendatangi lokasi ini. Namun setelah ada pembukaan lahan produksi bawang merah yang dilakukan pemerintah dan adanya kunjungan sejumlah turis mancanegara, membuat nama Danau Merung memasyarakat dan digandrungi masyarakat.

Sementara itu, Camat Rawas Ulu Yusnadi membenarkan jika saat ini sudah ada penataan kecil kecilan di sekitar Danau Merung. Pihaknya terus mensosialisasikan ke masyarakat, agar terus melakukan beragam persiapan dan peningkatan sarana untuk menarik sejumlah minat wisatawan.

BACA JUGA:Polres Muratara Pamer Tangkapan, ini Pengakuan Pelaku Penambangan Emas

"Kita akan usulkan dalam Musrenbang dalam pembangunan objek wisata Danau Merung. Karena saat ini sudah banyak pengunjung yang datang ke sana," timpalnya.

Sementara itu, Kpala Dinas Pariwisata Muratara Marlinda mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pengkajian dan survei langsung ke Danau Merung. Danau Merung sangat berpotensi dijadikan sebagai spot wisata baru bagi masyarakat.

Sumber: