5 Hal Agar Salat Khusyuk, Ustaz Abdul Somad Ajarkan Caranya

5 Hal Agar Salat Khusyuk, Ustaz Abdul Somad Ajarkan Caranya

Ilustrasi.--

5 Hal Agar Salat Khusyuk, Ustaz Abdul Somad Ajarkan Caranya

oganilir.co -  Salat merupakan salah satu rukun Islam yang penting, di samping rukun iman lainnya. Dalam ajaran Islam, salat diwajibkan kepada setiap Muslim dewasa yang berakal sehat, kecuali bagi mereka yang dalam keadaan tertentu seperti sakit, bepergian jauh, atau wanita sedang mengalami haid atau nifas.

Salat merupakan serangkaian gerakan dan bacaan yang dilakukan secara tertentu dengan niat yang ditentukan. Setiap salat terdiri dari gerakan-gerakan fisik yang disebut rukun salat, seperti berdiri (qiyam), rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan duduk di akhir salat. 

Selama salat, seorang Muslim membaca bacaan secara khusyuk yang telah ditetapkan, termasuk ayat-ayat Alquran dan dzikir (pengingat Allah).

Kebanyakan umat Muslim ketika melakukan salat, kurang khusyuk, sering teringat hal duniawi seperti pekerjaan, angsuran bahkan masalah lainnya.

Dikutip dari akun Tiktok Dakwah Random, Ustaz Abdul Somad menjelaskan cara bagaimana salat bisa khusyuk.

Ada 5 cara bagaimana salat bisa khusyuk menurut ustaz Abdul Somad.

BACA JUGA:Hukum Menggunakan Sajadah Tebal Ketika Salat, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan ini

1. Wudhu

Ketika berwudhu harus khusyuk. Waktu mencuci tangan, bersih dosa dari tangan. Waktu masukkan air ke mulut ke hidung, bersih dosa- dosa mulut dan hidung, begitu seterusnya.

Ustadz Abdul Somad mengatakan, waktu wudhu harus khusyuk dalam setiap gerakan hingga selesai.

"Makanya ketika berwudhu jangan bercakap, itula tak khusyuk, karena waktu wudhu masih bicara dunia"ujar ustaz Abdul Somad.

2. Selesai Wudhu Tidak Boleh Tasbik

Tasbik adalah megerakan tangan dan kaki hingga sering berbunyi.

Sumber: