JCH Belahan Dunia Mulai Bermalam di Arafah

JCH Belahan Dunia Mulai Bermalam di Arafah

JCH Kloter 4 Palembang. foto: istimewa--

JCH Belahan Dunia Mulai Bermalam di Arafah

MEKKAH, oganilir.co - Jemaah calon haji (JCH) dari penjuru dunia sudah tiba di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf atau puncak ibadah haji 1444 H.

JCH Palembang Kloter 4 Gelombang I sudah tiba di Padang Arafah, Senin 26 Juni 2023 pukul 18.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Mereka sudah bermalam sejak Senin 26 Juni 2023.

Ibnu Maja, salah satu JCH asal Kloter 4 Palembang mengatakan bahwa hampir seluruh JCH dari penjuru dunia sudah tiba di Padang Arafah. JCH sudah mengenakan pakaian ihram dan menempati maktab atau tenda yang disediakan Pemerintah Arab Saudi. tenda beralaskan kasur dan dilengkapi pendingin ruangan atau AC (air conditioner). JCH laki-laki dan perempuan dipisah. Kecuali jemaah lansia suami istri yang butuh perawatan.

"Mereka (JCH lansia suami istri) tendanya digabung," kata Ibnu Maja.

BACA JUGA:JCH Kloter 22 Embarkasi Palembang Bertolak ke Mekkah

Selama berada di Padang Arafah, lanjut Ibnu Maja, seluruh JCH ditanggung makan oleh panitia haji Indonesia. Sehari makan tiga kali.

"Pelayanannya sama dengan saat berada di hotel di Mekkah dan Madinah," ujarnya.  

Bagaimana dengan toilet? Ibnu Maja menjelaskan bahwa Pemerintah Arab Saudi atau Kementerian Haji Arab Saudi menyediakan ribuan toilet untuk JCH dari seluruh penjuru dunia. Toiletnya banyak dan bagus.

"Tidak usah khawatir masalah toilet," tukasnya.

Sumber: