Ini Cara Satlantas Polres Muratara Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

Ini Cara Satlantas Polres Muratara Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

Pengendara kendaraan roda dua di Jalinsum menerima helm gratis dari Satlantas Polres Muratara, Rabu 28 Juni 2023. --

MURATARA, oganilir.co - Satuan Lalu Lintas Polres Muratara melakukan sosialisasi keamanan berlalu lintas, Rabu 28 Juni 2023. Sosialisasi yang digelar sebagai bagian dari peringatan HUT Bhayangkara ke-77 itu dilaksanakan di Jalinsum kawasan Satlantas Polres Muratara dengan membagikan helm kepada pengendara kendaraan roda dua.

Kapolres Muratara AKBP Ferly Rosa Putra melalui Kasat Lantas Polres Muratara AKP Saharudin mengatakan bahwa pembagian helm yang dilakukan merupakan salah satu bentuk sosialisasi tertib berlalu lintas bagi pengguna di Jalinsum. Perangkat keselamatan seperti penggunaan helm, sangat penting diterapkan saat berkendara. Karena berfungsi untuk menghindari benturan fatal ketika terjadi lakalantas.

"Sekarang Muratara sudah menjadi kabupaten defenitif, dan harus ada perubahan sikap. Pengemudi kendaraan roda dua harus mengenakan helm saat berkendara, terlebih lagi di sepanjang Jalinsum Muratara," kata Saharudin.

Dia berharap, pembagian helem gratis sebanyak 100 unit ini bisa memotivasi sejumlah pengendara agar lebih tertib berkendara di jalan umum. "Sasaran kita hari ini banyak masyarakat lokal, dan pengguna Jalinsum yang kedapatan tidak menggunakan helm," timpalnya.

BACA JUGA:Polres Ogan Ilir Bedah Rumah Warga, HUT Bhayangkara

Dia mengakui masih banyak terjadi pelanggaran berlalu lintas di Muratara. Berdasarkan data yang masuk, pelanggaran berlalu lintas dalam sehari mencapai 500 kasus di Muratara. Dan itu didominasi kendaraan roda dua. 

"Paling dominasi pengguna kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm. Dengan kegiatan ini, kami mengajak seluruh warga Muratara untuk menyampaikan pesan pentingnya penggunaan alat keselamatan dalam berkendara," tutupnya.

Sementara itu, Mar, warga sekitar yang mendapatkan helm gratis, mengaku kebanyakan warga masih ogahmenggunakan peralatan keselamatan, seperti helm. "Alasannya cuma jarak tempuh dekat dan hanya berkendara di sekitar rumah. Tapi sebenarnya pakai helm itu penting, kalau nyampak idak langsung bentur kepala," ungkapnya.

Dia berharap pihak kepolisian terus meningkatkan kegiatan sosialisasi seperti ini, sehingga bisa meningkatkan kesadaran warga, khususnya di wilayah Muratara. "Harapannyo petugas jangan bosan-bosan melakukan sosialisasi, bagi-bagi helm gratis atau lainnya," tukasnya.

Sumber: