Korsel Dilanda Hujan Lebat, 7 Warga Meninggal, Ribuan Warga Diungsikan

Korsel Dilanda Hujan Lebat, 7 Warga Meninggal, Ribuan Warga Diungsikan

Hujan lebat melanda Korsel. --

Korsel Dilanda Hujan Lebat, 7 Warga Meninggal, Ribuan Warga Diungsikan

CHUNGCHEONG UTARA, oganilir.co - Bencana alam melanda Korea Selatan, Sabtu 15 Juli 2023. Hujan lebat melanda Negeri Ginseng selama dua hari itu menyebabkan tujuh orang meninggal, tiga orang hilang, tujuh orang luka-luka, dan ribuan warga dievakuasi.

 

Hujan deras hari ini adalah hari ketiga sejak Kamis 13 Juli 2023. Derasnya hujan menyebabkan tanah longsor hingga meluapnya bendungan.

 

"Pada pukul 11:00 (waktu setempat), sebanyak 1.567 orang telah dievakuasi secara nasional. Jumlah tersebut dapat meningkat karena air meluap dari bendungan di Provinsi Chungcheong Utara," kata Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Korea Selatan, dikutip dari Reuters, Sabtu 15 Juli 2023.

 

Dampak dari curah hujan tinggi, menyebabkan pemadaman listrik sementara di 13 kota besar dan kecil dalam semalam. Hujan monsun yang lebat biasanya terjadi di Korea Selatan pada musim panas, dan topografinya yang bergunung membuatnya rentan terhadap tanah longsor.

BACA JUGA:Apresiasi Akademi Hangeul Baubau Ajarkan Bahasa Korea, Kedubes Korsel Berikan Bantuan

 

Korea Railroad Corp mengeluarkan instruksi untuk menghentikan semua kereta lambat dan beberapa kereta cepat (bullet trains). Sementara kereta cepat lainnya mungkin tertunda karena operasi yang lebih lambat, karena tanah longsor, banjir yang menggenangi rel, dan batu yang jatuh mengancam keselamatan.

 

Dalam pernyataannya saat hadir di pertemuan dengan lembaga pemerinyah, Perdana Menteri Korea Selatan, Han Duck-soo, meminta militer untuk secara aktif bergabung dalam kegiatan penyelamatan, bekerja sama dengan pejabat pemerintah untuk memobilisasi peralatan dan tenaga.

 

Sumber: