Jaga Kondusifitas, Kodim 0406 Hentikan Truk Batu Bara yang Melintas di Lubuklinggau

Jaga Kondusifitas, Kodim 0406 Hentikan Truk Batu Bara yang Melintas di Lubuklinggau

Dinilai Mengganggu Kondusifitas, Dandim 0406/Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistio Hentikan Truk Batu Bara yang Melintas di Lubuklinggau. foto: holid/oganilir.co.--

LUBUKLINGGAU, OGANILIR.CO - Aktivitas angkutan batu bara belakangan mendapat penentangan keras dari berbagai elemen masyarakat di kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Dua minggu terakhir, aksi masyarakat menentang angkutan batu bara melintas di wilayah tinggal mereka makin santer.

Banyak alasan mengapa masyarakat keberatan dengan banyaknya angkutan batu bara. Angkutan yang beriringan mengakibatkan kemacetan panjang. 

Aksi-aksi masyarakat yang melayangkan protes itu membuat suasana kota Lubuklinggau menjadi tak kondusif.

BACA JUGA:Pesta Miras Rakitan, 3 Napi Kejang-Kejang Tewas, Seorang Lagi Sekarat, 10 Napi Lainnya Diperiksa

Meski banyak elemen masyarakat yang menentang namun angkutan batu bara tetap saja beroperasi dan melintas di kota Lubuklinggau.

Inilah yang membuat Kodim 0406/Lubuklinggau menghentikan sementara sejumlah truk pengangkut batu bara tersebut.  

Terpantau ada 14 truk pengangkut batu bara ditahan, belasan truk warna hijau tersebut terparkir di depan Makodim 0406/Lubuklinggau sejak Kamis, 22 September 2022 malam.

Dandim 0406/Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistio mengatakan, angkutan batu bara dihentikan sementara. Gunanya untuk mendapatkan konfirmasi langsung dari pengelola anggkutan batu bara tersebut.

BACA JUGA:Pemecatan Sambo Final di Tingkat Banding, Ferdy Sambo Bakal Gugat ke PTUN, Pengamat Bilang Ini

Menurutnya, ada masyarakat yang sedikit gaduh dengan keberadaan angkutan batu bara yang melintasi jalan tengah Kota Lubuklinggau.

"Ini agar kita memanggil pengelola angkutan batu bara ini. Kenapa mereka melintas di jalan raya ini, atas perizinan siapa dan bagaimana. Karena dua pekan terakhir ini, bahkan sudah ada dua kali demo oleh masyarakat," kata Letkol Arm Anggeng, Sabtu, 24 September 2022.

Dandim mengatakan, penghentian tersebut semata-mata untuk menjaga kondusifitas wilayah di kota Lubuklinggau dan sekitarnya. 

Selanjutnya terkait truk yang ditahan akan diserahkan ke pihak Dishub Kota Lubuklinggau untuk ditindaklanjuti. 

Sumber: