Sejarah Unsri, Berdiri Tahun 1960, Ide Pembentukan Sejak 1952

Sejarah Unsri, Berdiri Tahun 1960, Ide Pembentukan Sejak 1952

Kampus Unsri di Bukit Besar. foto: dendi romi/ooganilir.co--

Sejarah Unsri, Berdiri Tahun 1960, Ide Pembentukan Sejak 1952

OGAN ILIR, oganilir.co – Universitas Sriwijaya (Unsri)yang kampus utamanya berada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) berdiri pada tanggal 29 Oktober 1960. Namun salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Tanah Air itu, ide awal pendiriannya sadah diawali sejak 1952. 

 

Beberapa tokoh masyarakat Sumsel yang memiliki komitmen untuk berdirinya perguruan tinggi negeri di Sumsel menggagas berdirinya Unsri. Hal itu berawal dari resepsi perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 1952. 

 

Fakultas Ekonomi merupakan fakultas pertama yang menjadi cikal bakal lahirnya Unsri. Diprakarsai oleh beberapa pemuka masyarakat, menjelma menjadi kesepakatan untuk membentuk "Panitia Fakultet Sumatera Selatan". 

 

"Panitia Fakultet Ekonomi Sumatera Selatan" yang dikelola oleh suatu yayasan yang didirikan pada tanggal 1 April 1953 dengan nama "Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti".

BACA JUGA:Pemkab Muba Bantu Kendaraan Operasional untuk Unsri

 

Peresmian berdirinya Fakultas Ekonomi atau Fakultet Ekonomi yang berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti pada tanggal 31 Oktober 1953 dalam suatu acara yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan (PPK) Mr Hadi, Gubernur Sumatera Selatan Drg M Isa, Panglima TT II Sriwijaya Bambang Utoyo, dan Ketua DPRD Sumsel Ali Gathmyr.

 

Berselang empat tahun, Unsri memiliki fakultas kedua. Berdirilah Fakultas Hukum pada pada tanggal 1 November 1957. Hanya saja yayasannya menggunakan nama Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti. Saat itu yayasan kembali membentuk Panitia Penyelenggaraan Fakultas Hukum. 

 

Sumber: