Gegara Nama Unik, Putri Bupati Ponorogo Batal Kuliah di UGM

Gegara Nama Unik, Putri Bupati Ponorogo Batal Kuliah di UGM

Jian Ayune Sundul Langit. foto: detik.com--

Gegara Nama Unik, Putri Bupati Ponorogo Batal Kuliah di UGM

JOGJA, oganilir.co - Hanya karena nama, putri sulung Bupati Ponorogo, Jawa Timur Sugiri Sancoko, batal kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM). Nama putri orang nomor satu di Kabupaten Ponorogo itu, Jian Ayune Sundul Langit. Batal kuliah di UGM, Jian Ayune Sundul Langit akhirnya menempuh studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

 

Lantas apa makna nama Jian Ayune Sundul Langit? Sugiri Sancoko mengatakan bahwa makna dari nama putrinya Jian Ayune Sundul Langit itu berarti cantiknya setinggi langit. Hal itu tidak berarti kecantikan paras saja tapi juga pribadi.

 

"Saya ini kan orangnya lugu, ibunya juga lugu dan tidak bisa berpuisi, berprosa. Kami ingin mempersuasikan anak saya cantik. Tidak hanya cantik wajahnya tapi juga cantik moralnya, cantik kecerdasan spiritual, dan kecerdasan yang lain," ujar Sugiri dikutip seperti dilansir detik.com.

BACA JUGA:Waduh! Beredar Nama Enam Calon Komisioner Bawaslu Beserta Nilainya, ini Kata Ketua Bawaslu Sumsel

 

Sugiri mengaku member nama anaknya Jian Ayune Sundul Langit terinspirasi dari nama putri Kerajaan Kediri, Dewi Songgolangit.

 

"Maka saya kasih nama tinggi, Jian Ayune Sundul Langit. Kan nggak ada lagi selain langit atau mentok. Sundul Langit itu terinspirasi dari Putri Songgolangit, inginnya tidak hanya cantik di wajah tapi juga perilakunya," ujarnya.

 

Gara-gara nama anaknya unik itu, lanjut Giri, putri sulungnya malu karena sempat viral. Karena makna namanya itu. Akhirnya putrinya itu memilih kuliah di Unpad yang mayoritas orang Sunda.

 

Sumber: