Inilah Tiga Desa Di Ogan Ilir Jawara Perahu Bidar Kemerdekaan RI

Inilah Tiga Desa Di Ogan Ilir Jawara Perahu Bidar Kemerdekaan RI

Perahu Bidar di Sungai Musi Palembang--

Inilah Tiga Desa Di Ogan Ilir Jawara Perahu Bidar Kemerdekaan RI

OGANILIR.CO- Bicara soal perahu bidar, memang nama Kabupaten Ogan Ilir pasti diperhitungkan dalam setiap kali perlombaan.

Baik dalam event HUT  Kemerdekaan RI, HUT Kota Palembang atau berbagai  even lainnya dalam perlombaan perahu bidar atau perahu dayung.

Buktinya pada lomba perahu bidar menyemarakkan HUT ke 78 RI di Kota Palembang, pada Minggu 20 Agustus 2023 di Sungai Musi Palembang,  tiga Desa asal Kabupaten Ogan Ilir menjadi jawaranya.

BACA JUGA:Ogan Ilir Juara, Tiada Duanya Dalam Lomba Perahu Bidar

Adapun ketiga Desa yang menjadi jawara lomba perahu bidar, yakni yakni Desa Soak Batok Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir menjadi juara 1, lalu Desa Sungai Lebung Kecamatan Pemulutan Selatan sebagai juara 2 dan Desa Mayapati Kecamatan Pemulutan Selatan dinobatkan sebagai juara 3.

Seperti diketahui , selain lomba perahu bidar, pihak panitia penyelenggara melaksanakan lomba perahu hias, pelaksanaan juga disungai Musi Palembang,   dibuka oleh  Gubernur Sumsel H  Herman Deru yang didampingi oleh Walikota Palembang, H Harnojoyo, hadir juga Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah dan istrinya  Hj Rosmalinda Muhsin selaku Ketua DWP Ogan Ilir.

Event tahunan  tersebut berhasil menyedot perhatian penonton. Mengingat  hiburan seperti ini hanya digelar satu kali dalam setahunnya.

BACA JUGA:Sempat Terhenti Akibat Pandemi, Lomba Perahu Bidar Kembali Digelar

Gubernur  Herman Deru mengapresiasi pihak panitia dan para sponsor yang telah ambil bagian dalam  menyukseskan kegiatan lomba bidar dan perahu hias tersebut.

"Terimakasih kepada seluruh panita  dan sponsor diucapkan terimakasih semoga kedepannya kerja sama antara Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang terus sinergi dalam menggelar  hiburan rakyat seperti ini," katanya

HD menilai lomba bidar dan perahu hias kali ini terbilang  sukses  karena berhasil menarik minat warga untuk menonton secara langsung tim kebanggaannya ikut dalam lomba. Karena itu dia berharap  event tersebut rutin digelar setiap tahunnya.

BACA JUGA:Jaga Tradisi, Pemkab OKI Gelar Lomba Bidar Mini

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Kgs Sulaiman Amin melaporkan  lomba bidar dan perahu hias ini  dimaksudkan untuk menghidupkan kembali tradisi lomba bidar memeriahkan  hari kemerdekaan RI. Selain itu juga merupakan sarana promosi destinasi wisata  di kota Palembang.

Sumber: