Ini Kronologi Bayi Tertukar di RS Sentosa Bogor Setelah Setahun Dirawat

Ini Kronologi Bayi Tertukar di RS Sentosa Bogor Setelah Setahun Dirawat

Dian menggendong bayi milik Siti Mauliah. foto: istimewa--

Ini Kronologi Bayi Tertukar di RS Sentosa Bogor Setelah Setahun Dirawat

BOGOR, oganilir.co - Kasus bayi tertukar di Rumah Sakit (RS) Sentosa Bogor, Jawa Barat berujung sanksi. Manajemen rumah sakit akhirnya menonaktifkan lima bidan dan perawat karena dianggap lalai memasang gelang identitas hingga berujung pada bayi tertukar milik Siti Mauliah (37).

 

Keputusan penonaktifan terhadap bidan dan perawat yang lalai tersebut dilakukan setelah tujuh orang diperiksa sebagai saksi oleh penyidik Satuan Reskrim Polres Bogor.

 

"Kita jatuhkan SP1 kepada 10 orang. Sedangkan lima perawat dan bidan dinonaktifkan atau dibebastugaskan,” kata juru bicara RS Sentosa Bogor, Gregg Djako, seperti dikutip dari Radar Bogor (Jawa Pos Grup), Selasa 22 Agustus 2023.

 

Dia menegaskan bahwa para bidan dan perawat yang disanksi telah dipindahkan ke bagian administratif untuk sementara waktu. “Mereka dinonaktifkan untuk tidak memegang bagian persalinan,” imbuhnya.

BACA JUGA:Bayi Lahir Kembar Tiga di Prabumulih Meninggal Satu

 

Gregg menambahkan pihak rumah sakit juga mendalami dan mencari siapa yang paling berperan dan mengetahui peristiwa tertukarnya bayi tersebut. “Awalnya ada 15 orang yang akan disanksi, tapi kami harus melihat secara pasti berapa orang yang benar-benar terlibat,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Satuan Reskrim Polres Bogor telah memeriksa bidan dan perawat Rumah Sakit Sentosa Bogor. Mereka diperiksa sebagai saksi yang menangani persalinan bayi yang tertukar dari warga Bogor bernama Siti Mauliah.

 

Sumber: