Pertamina Bakal Eksplorasi Minyak di Patih Galung, Pemkot Prabumulih Mintakan Hal ini

Pertamina Bakal Eksplorasi Minyak di Patih Galung, Pemkot Prabumulih Mintakan Hal ini

Sosialisasi kegiatan pemboran sumur di wilayah patih galing, foto: Dian/SEG--

Pertamina Bakal Eksplorasi Minyak di Patih Galung, Pemkot Prabumulih Mintakan Hal ini

 

PRABUMULIH, oganilir.co - Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 4 melakukan sosialisasi rencana kegiatan pemboran sumur di lokasi PMB-P20 kelurahan Patih Galung yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH, di kantor Camat Prabumulih Barat, Selasa 29 Agustus 2023.

Fikri mengatakan, pada dasarnya Pemerintah Daerah selalu mendukung untuk pengeboran minyak dimana salah satu dampak untuk pemerintah daerah yakni meningkatkan pendapatan terutama Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas (DBH Migas).

"Jadi jangan sampai pengeboran itu tidak ada dampaknya, sehingga kita minta hitung ulang ke Pertamina, berapa nian dana bagi hasil untuk Pemkot Prabumulih ini, DBH nya," kata Fikri saat diwawancarai usai acara.

Kemudian, Wawako dua periode itu menghimbau Pertamina untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus menjelaskan dampak yang akan terjadi. "Jangan sampai disini mudah-mudah semua, diujung nanti pahit. Kita sudah mengalami BGP (seismik), kemari manis di awal di ujung pahit dan sampai sekarang masyarakat terdampak belum menerima ganti rugi," sesalnya mengaku prinsipnya Pemkot Prabumulih mendukung dan untuk masyarakat jangan sampai dirugikan.

BACA JUGA:Puluhan Tahun Tinggal di Kawasan HGU Pertamina, Warga Minta Dihibahkan Lahan

Politisi PDI-Perjuangan itu juga mempersilahkan kepada Pertamina untuk mendata rumah warga di sekitar lokasi pengeboran minyak berikut fasilitas masyarakat lain seperti sumur dan juga dampak lingkungannya. 

Selain itu, Fikri menegaskan untuk keluar-masuk alat berat jangan sampai melewati jalan raya mengingat peralatan Rig mempunyai tonase yang besar dan bermuatan ODOL. "Jadi tadi sudah disampaikan dari Pertamina akan membuka jalan sendiri dari jalan Lingkar dan masuk ke lokasi sekira 300 meter yang akan membuat jalan sendiri," bebernya.

Untuk lokasi pengeboran sendiri, rencananya akan dilakukan di RW 01 RT 03 kelurahan Patih Galung, Prabumulih Barat. 

Dalam kesempatan itu pula, Fikri menegaskan supaya Pertamina memprioritaskan tenaga kerja lokal khususnya untuk tenaga non skill. "Kalau untuk PK, buat gula-kopi pegawai, bisa dari sini saja," jelasnya.

BACA JUGA:Kondisi Pipa Bocor Layak Dipergunakan hingga 2025, Sudah Ditangani Tim Pertamina

Sementara itu, Officer Comrell dan CID Zona 4, Erwin Hendra Putra menambahkan, pihaknya sengaja melakukan sosialisasi terkait jalan moving, jalan moving dan fasilitas masyarakat. "Makanya kita koordinasi dengan pemerintah setempat," terangnya.

Terkait permintaan Wakil Walikota untuk mengutamakan tenaga kerja lokal? Erwin mengaku akan membicarakan lagi bersama Camat dan Lurah karena akan berhubungan dengan Rig dan operasional. "Karena kebutuhan reg akan dibicarakan dengan Lurah dan Camat, termasuk kebutuhan tenaga kerja nanti akan satu pintu," bebernya mengaku tentu akan mengutamakan masyarakat yang berada di wilayah operasional.

Sumber: