Gubernur-DPRD Kompak Usulkan Sekda Masuk Dalam Daftar PJ Wali Kota Prabumulih

Gubernur-DPRD Kompak Usulkan Sekda Masuk Dalam Daftar PJ Wali Kota Prabumulih

H Elman ST Sekda Kota Prabumulih--

Gubernur-DPRD Kompak Usulkan Sekda Masuk Dalam Daftar PJ Wali Kota Prabumulih

 

PRABUMULIH, oganilir.co - Menjelang masa akhir jabatan Walikota-Wakil Walikota Andriansyah Fikri SH selesai pada 18 September 2023 mendatang.

Tentunya akan ada nama yang diusulkan untuk menjadi PJ Walikota Prabumulih. DPRD Kota Prabumulih maupun Gubernur Sumsel pun sudah mengusulkan 3 nama ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengisi jabatan Penjabat (Pj) Wali Kota Prabumulih.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru dibincangi di exit tol Indraprabu menyebutkan, untuk PJ Wali Kota Prabumulih sudah diakomodir semua. "Usulan DPRD ada tiga, usulan Gubernur ada tiga, kita tunggu saja keputusan Menteri," sebutnya, Rabu 30 Agustus 2023.

Siapa saja yang diusulkan Gubernur? Deru mengaku, ada tiga nama. Dimana ada satu nama yang sama dengan yang diusulkan DPRD Kota Prabumulih yakni H Elman ST yang saat ini menjabat sebagai Sekda kota Prabumulih. "Hanya Sekda Prabumulih yang sama, Jadi lima orang berbeda (yang diusulkan DPRD dan Gubernur)," terangnya.

BACA JUGA:Jelang Pilkada Serentak 2024, KPU OKI Tegaskan PPK dan PPS Harus Bekerja Sesuai Aturan

Ditanya kenapa mengusulkan Sekda? Pria yang pernah menjabat Bupati OKU Timur itu menyebutkan, karena syarat utama sudah eselon II dan yang cakap. "Artinya siapapun yang dipilih Mendagri itu adalah orang-orang yang dianggap pantas," sebutnya.

Terpisah, Wakil Ketua I DPRD Kota Prabumulih, H Ahmad Palo menyebutkan, saat ini pihaknya masih menunggu nama PJ Wali Kota Prabumulih dari Kementerian yang sampai saat ini belum keluar. "Berakhir masa jabatan Wali Kota 18 September, kita harapkan di tanggal 19 itu Pemerintah Pusat sudah menetapkan PJ sehingga tidak ada kekosongan penjabat Wali Kota," sebutnya.

Walaupun memang, kata dia. Berdasarkan ketentuan jika sampai dengan tanggal 18 Pemerintah Pusat belum menentukan PJ Wali Kota Prabumulih maka akan ditunjuk Plh (Pelaksana Harian) Wali Kota Prabumulih.

Pihaknya pun tak menapik, kalau seandainya ditunjuk Plh Wali Kota Prabumulih, maka akan berdampak pada Plh yang mempunyai banyak keterbatasan. "Memang tidak menjadi kewenangan Plh untuk mengambil keputusan. Namun kita harapkan Prabumulih akan kami sampaikan melalui pimpinan DPRD bahwa di tanggal 19 September kita sudah ada PJ," terangnya.

BACA JUGA:Herman Deru Maju Kembali di Pilkada 2024, Ridho Yahya : Keinginan Masyarakat Kita Tidak Tahu

Politisi PPP itu pun mengaku, sejauh ini belum ada bocoran nama PJ Wali Kota Prabumulih pun tak ada upaya jemput bola untuk menanyakan nama PJ ke Kementerian. "Kita sifatnya menunggu," tukasnya. 

Diketahui, tiga nama calon PJ Wali Kota Prabumulih yang diusulkan DPRD Kota Prabumulih ke Mendagri yakni H Elman ST (Sekda Kota Prabumulih), Indra Bangsawan SH MM (Inspektur Kota Prabumulih) dan Amirudin (Kepala Dinas Koperasi Sumsel). 

Sumber: