6 Cara Mengetahui Suara Kasar Pada Mesin Mobil, Nomor 3 Harus Diperhatikan

6 Cara Mengetahui Suara Kasar Pada Mesin Mobil, Nomor 3 Harus Diperhatikan

Cara Mengetahui Suara Kasar Pada Mesin Mobil--

6 Cara Mengetahui Suara Kasar Pada Mesin Mobil, Nomor 3 Harus Diperhatikan 

 

oganilir.co - Seiring berjalannya waktu perfoma mesin mobil agar selalu berkurang, terlebih mobil selalu dipakai dalam perjalanan jauh.

Salah satu penyakit yang sering muncul ialah suara kasar dari mesin mobil. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak hal seperti komponen mobil yang mengalami masalah.

Ada beberapa cara mudah untuk mengetahui suara kasar pada mesin mobil:

1. Dengarkan dengan Seksama

Dengan mematikan radio dan segala sumber suara lainnya, dengarkan dengan seksama suara yang keluar dari mesin mobil Anda saat mesin dihidupkan. Perhatikan apakah ada suara yang tidak biasa seperti desisan, gemeretak, atau suara-suara aneh lainnya.

BACA JUGA:Tips Merawat Mesin Mobil, Agar Awet dan Tidak Mudah Mogok

2. Periksa Level Minyak

Suara kasar pada mesin bisa disebabkan oleh kekurangan minyak atau minyak yang sudah kotor. Pastikan level minyak mesin dalam kondisi yang tepat dan jika perlu, ganti atau bersihkan minyak mesin.

3. Perhatikan Indikator Lampu

Perhatikan apakah ada lampu indikator pada dashboard yang menyala. Lampu check engine atau lampu indikator lainnya dapat memberi petunjuk tentang masalah pada mesin.

4. Periksa Belt

Suara kasar juga bisa disebabkan oleh belt yang kendor atau aus. Periksa kondisi belt penggerak seperti belt alternator, AC, dan power steering. Jika terlihat aus atau kendor, gantilah segera.

Sumber: