Bupati Ogan Ilir Terima Penghargaan Pramuka Darma Bakti

Bupati Ogan Ilir Terima Penghargaan Pramuka Darma Bakti

Bupati Panca Meraih Penghargaan Pramuka --

Bupati Ogan Ilir Terima Penghargaan Pramuka Darma Bakti

OGANILIR.CO-Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH  menerima penghargaan Pramuka Darma Bakti, pada acara apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 62 Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan H.Imam Sumantri Gandus Palembang, Jumat 1 Agustus 2023.

Acara dihadiri Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn.) Budi Waseso, Unsur Forkopimda Provinsi Sumatera Selatan, Bupati/Wali kota Se Provinsi Sumsel dan Seluruh Peserta Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 62.

Apel besar yang diikuti ribuan anggota gerakan pramuka dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel ini mengusung tema "Mewujudkan SDM yang profesional dan berwawasan kebangsaan".

BACA JUGA:Bupati Panca Raih Penghargaan Lokus Uji Coba ILP Dari Kemenkes RI

Gubernur Sumsel H Herman Deru juga mendapatkan penghargaan Karya Bakti dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso.

Gubernur Sumsel juga menyematkan  penghargaan bagi mereka yang berkontribusi dan memiliki bakti dalam memajukan gerakan pramuka. Diantaranya, penghargaan Melati, Pancawarsa I, Pancawarsa II, Pancawarsa III, Pancawarsa IV, Pancawarsa V, Pancawarsa VI, Pancawarsa VII.

Selain Bupati Panca menerima penghargaan Pramuka Darma Bakti, penghargaan yang sama diterima Sekda Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah berupa pramuka Darma Bakti dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sayadi SPd  menerima penghargaan pramuka Pancawarsa III.

BACA JUGA:Bupati Panca Raih Tiga Penghargaan Sekaligus. Apa Saja ?

Dalam amanatnya, Gubernur Sumsel H Herman Deru sangat mendukung tema yang digagas pada hari pramuka kali ini. Dimana tema itu dinilai sebagai bentuk semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih profesional.

"Wawasan kebangsaan juga menjadi hal penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur. Bahkan jiwa nasionalisme, semangat cinta tanah air,  semangat bela negara tetap akan terpatri. Ini langkah untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui pendidikan pramuka," kata Herman Deru.

Bagi Sumsel, lanjutnya, pengembangan SDM dimaknai sebagai investasi dalam membangun peradaban bangsa.Untuk itu, Herman Deru mengingatkan, agar gerakan pramuka menjadi pendidik humanis yang berbasis pada nilai-nilai kemanusiaan.

BACA JUGA:Gegara Nama Unik, Putri Bupati Ponorogo Batal Kuliah di UGM

Selain persoalan SDM dan wawasan kebangsaan, persoalan karakter juga merupakan bagian penting dari pembinaan kepramukaan.

Sumber: