Ketahanan Pangan di Ogan Ilir Mulai Goyang, Harga Beras Terus Naik

Ketahanan Pangan di Ogan Ilir Mulai Goyang, Harga Beras Terus Naik

Beras (Foto Ist)--

Ketahanan Pangan di Ogan Ilir Mulai Goyang, Harga Beras Terus Naik

OGANILIR.CO-Harga beras terus mengalami kenaikan  beberapa hari terakhir. Jika dibandingkan dengan harga normal, harga beras saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Kenaikan harga beras juga terjadi di  Kabupaten Ogan Ilir, membuat “Ketahanan Pangan” bagi masyarakat ekonomi lemah mulai goyang .

Seperti harga beras jenis Topi Koki sudah diangka Rp 14.100 perkilogramnya, atau dalam ukuran karung 10 kilogram di patok  Rp 141.000.

BACA JUGA:Beras Naik, Pemerintah Salurkan Beras untuk KPM

Begitu juga dengan harga jenis wortel dengan harga Rp 140 000 per  10 kilogramnya,’’Iya Pak tiap hari harga beras naik Rp 1000 dari harga awal dikisaran Rp 110 ribu-115 ribu per 10 Kilogramnta,’’kata Khanza .

Sementara beberapa konsumen yang dihubungi secara terpisah mengatakan, mengaku sangat berat dengan kanaikan harga beras yang terjadi secara terus menerus tanpa ada pengendalian dari pihak pemerintah.

“Ayo Pemerintah Ogan Ilir, Ogan Ilir ini gudang beras, daerah kawasan pertanian, ngapo harga beras  tiap hari naik terus,’’Keluh Solehan .

BACA JUGA:Dampak Elnino, Pabrik Beras Buyung di Ogan Ilir di Monitoring

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Pemkab Ogan Ilir Ir H Tapip mengatakan, pihaknya belum bisa melaksanakan operasi pasar dengan kenaikan harga beras,’’Kita tunggu APBD Perubahan,’’katanya singkat.

Terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Ogan Ilir Abi Bakrin Sidik SP MSi mengatakan, terjadinya kenaikan harga beras, karena harga pembelian gabah di penggilingan saat ini tinggi.

“ya saat ini harga pembelian gabah di penggilingan tinggi, ini salah satu penyebab harga beras mengalami kenaikan,’’kata Abi Bakrin.

BACA JUGA:Ada Apa ? Pabrik Beras “Topi Koki” Dikunjungi Menteri, Gubernur dan Wabup Ardani

Dijelaskan Abi Bakrin, komulatif giling  Rp 2400 ton, harga beli Gabah Kering Panen (GKP) Rp 6600,  sementara asal gabah diterima dari  PGG dan Bltg

Sumber: