Pemerintah Ajak Pemilik UMKM Manfaatkan KUR untuk Mengembangkan Usaha

Pemerintah Ajak Pemilik UMKM Manfaatkan KUR untuk Mengembangkan Usaha

KUR--

Pemerintah Ajak Pemilik UMKM Manfaatkan KUR untuk Mengembangkan Usaha

 

oganilir.co - Pemilik usaha mikro kecil menengah (UMKM) diingatkan pemerintah untuk memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dengan adanya program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah disalurkan oleh pemerintah melalui lembaga keuangan dan perbankan.

Melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengimbau agar pelaku UMKM di Indonesia memanfaatkan program KUR untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.

"Agar dapat mengembangkan bisnis tentunya harus memiliki modal," ucap Deputi IV Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kemenko Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin di Jakarta, Rabu 27 September 2023.

BACA JUGA:Ini 4 Keuntungan Mengajukan KUR BRI

Data Kementerian Koperasi, dan Usaha, Kecil, dan Menengah menunjukkan bahwa hingga 29 Agustus 2023, realisasi penyaluran KUR telah mencapai Rp148,95 triliun atau 50,15 persen dari target yang telah ditetapkan yaitu Rp297 triliun. Penyaluran KUR tersebut telah menjangkau sebanyak 2,71 juta debitur.   

Saat ini, pemerintah terus memacu penyaluran KUR yang efektif, tepat sasaran, serta mampu mencapai target. 

KUR merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. 

KUR bertujuan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan dan pemberdayaan UMKM. Selain itu, penyaluran KUR kepada pelaku UMKM juga turut berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.   

BACA JUGA:Pengajuan Pinjaman KUR BRI Online: Tanpa Perlu ke Kantor Cair Rp100 Juta, Simak Caranya

Salah satu langkah yang dilakukan untuk mengoptimalkan penyaluran KUR adalah berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) dalam mendorong pelaku UMKM di daerahnya agar memanfaatkan KUR.

Pemerintah pun akan memberikan apresiasi kepada pemda yang paling banyak menyalurkan KUR kepada pelaku UMKM di daerahnya.

Sumber: