Bak 'Matahari Sejengkal dari Kepala', Suhu Sumsel Capai 37,2 Derajat Celcius!

Bak 'Matahari Sejengkal dari Kepala', Suhu Sumsel Capai 37,2 Derajat Celcius!

Foto: Dok, oganilir.co--

Bak 'Matahari Sejengkal dari Kepala', Suhu Sumsel Capai 37,2 Derajat Celcius!

 

PALEMBANG, oganilir.co - Terasa seperti matahari sejengkal dari kepala itula kata yang sering warga kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) ucapkan.

Bagaimana tidak, Suhu maksimum di Sumatera Selatan (Sumsel) mencapai 37,2 derajat Celcius level yang paling tinggi tahun ini.

Suhu saat ini merupakan hasil perhitungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel di Stasiun Klimatologi.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel, Wandayantolis mengatakan, cuaca hari ini merupakan suhu yang terpanas di Sumsel.

BACA JUGA:Kabut Asap di Udara Palembang Kembali Pekat

"Cak nerako bocor," katanya, "Secara historis, suhu maksimum ini merupakan yang tertinggi pada pentad ke-56, tertinggi pada dasarian ke-28, dan tertinggi pada bulan Oktober selama Stasiun Klimatologi ini berdiri yakni 48 tahun," sambung Wandayantolis, Jumat 6 Oktober 2023.

Ia mengungkapkan, suhu maksimum tahunan yang paling tinggi tercatat pada 2019 yakni 37,4 derajat Celcius. Sementara tahun 2015 sempat mengalami pula suhu maksimum 37,2 derajat Celcius. Hal ini kembali mengingatkan pada tahun-tahun El Nino dan IOD plus dalam kurun dekade terakhir.

"Panas suhu ini masih bakal teraso di Palembang, karno puncak belom dilewati," ungkapnya.

Masih adanya El Nino Moderate, IOD positif, masih terjadinya musim kemarau, serta posisi matahari yang mulai bergerak ke selatan mendorong peningkatan suhu udara di wilayah Sumatra Selatan.

BACA JUGA:Kabut Asap, Jam Belajar di Ogan Ilir Berubah, Ekstrakurikuler Ditiadakan

"Kami menghimbau untuk warga Sumsel khususnya Palembang, perbanyak konsumsi air putih, serta gunakan pelindung seperti jaket, topi, masker agar tak terkena papar langsung matahari," himbaunya.

Lebih lanjut Wandayantolis mengatakan, awal musim hujan diprediksi akhir Oktober atau awal November. 

Sumber: