Keliling Kecamatan, Kodim 0402 OKI Sosialisasi Pencegahan Karhutla

Keliling Kecamatan, Kodim 0402 OKI Sosialisasi Pencegahan Karhutla

Personel Kodim 0402 OKI-Ogan Ilir melakukan sosialisasi pencegahan karhutla kepada warga, Jumat 13 Oktober 2023. --

Keliling Kecamatan, Kodim 0402 OKI Sosialisasi Pencegahan Karhutla 

KAYUAGUNG, oganilir.co - Warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) diberikan himbauan oleh Kodim 0402/OKI-0I selaku Dansubsatgas Operasi Pengendali. Yakni dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten OKI.

Sosialisasi himbauan itu dilakukan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kayuagung dan SP Padang, Jumat 13 Oktober 2023 sore. 

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane didampingi Kasdim Mayor Czi Saipul Anwar mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat ini untuk mengingatkan kembali bahwa saat ini masih musim kemarau, agar berhati-hati dan mengantisipasi terjadinya Karhutla. Seperti jangan membuang putung rokok sembarangan, karena bisa bisa menyebabkan karhutla. Disebabkan musim kemarau, dimana lahan kering. 

BACA JUGA:Manggala Agni Ajak Perusahaan Cegah dan Tanggulangi Karhutla

"Jadi kita mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati di musim kemarau ini. Terutama jangan membuka lahan perkebunan dengan cara membakar," kata Irsyad Mahdi Pane.

Lanjutnya, apabila karhutla terjadi dilakukan oleh masyarakat maka ada sanksi tegasnya yaitu berupa tindak pidana sesuai dengan undang-undang yang berlaku. 

"Ancaman pidana bagi pelaku pembakar lahan sesuai Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Dengan pidana paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp15 Miliar," ujarnya.

Kata Irsyad Mahdi, sosialiasi keliling ini juga menghimbau masyarakat apabila melihat kebakaran kebun dan lahan untuk segera melaporkan kepada Koramil, Polsek, kecamatan atau Kades setempat. Maka dengan begitu segera ditanggulangi. (ril)

 

Sumber: