Catat, ini Agenda Balapan di Sirkuit Mandalika, MotoGP 2023 Jadi Perhatian

Catat, ini Agenda Balapan di Sirkuit Mandalika, MotoGP 2023 Jadi Perhatian

Francesco Bagnaia (1) mengikuti Q1 MotoGP Indonesia. foto: MotoGP--

Catat, ini Agenda Balapan di Sirkuit Mandalika, MotoGP 2023 Jadi Perhatian

LOMBOK TENGAH, oganilir.co – Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah hari ini Sabtu 14 Oktober 2023 akan penuh dengan rangkaian balapan motor. Mulai dari Moto3, Moto2, dan puncaknya MotoGP 2023.

Khusus kelas MotoGP, ada empat sesi yang mengharuskan para pembalap turun ke lintasan. Diawali dengan free practice 2 atau FP2. Sesi selama 30 menit ini penting untuk para rider dan timnya masing-masing menentukan setting motor untuk kualifikasi.

Catatan waktu di FP2 sama saja dengan FP1 kemarin, tidak menentukan atau tak memengaruhi posisi rider di kualifikasi. Sepuluh menit setelah FP2, akan digelar kualifikasi 1 (Q1). Sesi ini khusus untuk para pembalap yang gagal masuk Top 10 saat practice kemarin.

BACA JUGA:Sambut MotoGP Mandalika, Honda Luncurkan CBR150R Edisi Khusus

Sesi bakal seru karena pemimpin klasemen MotoGP yang juara juara bertahan, Francesco Bagnaia bakal melakoni Q1. Kemudian ada Johann Zarco, Franco Morbidelli, Joan Mir, dan lainnya. Dua terbaik dari Q1 berhak lulus ke kualifikasi utama atau Q2, yang digelar sepuluh menit setelah Q1 rampung.

Q2 inilah yang menentukan posisi start pembalap saat sprint dan race.

Q2 atau kualifikasi 2 akan diikuti 12 pembalap, yaitu sepuluh terbaik saat practice ditambah dua dari Q1. Peserta Q2 minimal sudah mengamankan posisi start di urutan ke-12 saat sprint maupun race.

Sesi berikutnya di kelas MotoGP hari ini adalah sprint. Balapan dengan jumlah lap setengah dari race yang baru diterapkan mulai MotoGP musim ini. Para pembalap mau tak mau harus all out juga saat sprint, lantaran menjanjikan poin.

BACA JUGA:Jadwal MotoGP 2023 Jepang Siang ini, Jorge Martin Start Diposisi Pertama

Pemenang sprint (medali emas) berhak mendapat 12 poin, peraih medali perak mendapat sembilan, dan peraih perunggu kebagian tujuh poin. Poin pada sprint hanya tersedia sampai peringkat ke-9, yakni satu poin.

Selain agenda khusus kelas MotoGP hari di Sirkuit Mandalika. Untuk kelas di bawahnya, yakni Moto2 dan Moto3 juga bakalan sengit. (mgp/jpnn)

Jadwal MotoGP Indonesia (WIB) Sabtu (14/10)

 

Sumber: