BKO Yonif 143 Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Ogan Ilir

BKO Yonif 143 Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Ogan Ilir

--

BKO Yonif 143 Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Ogan Ilir

INDRALAYA, oganilir.co - Satgas BKO Kodim 0402/OKI-OI tak hanya melaksanakan penanganan kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunla) saja, tetapi juga memberikan himbauan kepada masyarakat dan mencegah. 

Himbauan pencegahan Karhutbunla ini disampaikan oleh Danru BKO Yonif 143, Serda Fahrudin Yusuf dari Posko Ibul Besar 1, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Jumat 13 Oktober 2023.

Penyampaian himbauan dalam mencegah karhutbunla oleh Danru BKO ini, di kediaman warga yakni Aisyah yang tengah mengadakan acara Yasinan mengenang 4 tahun meninggal orang tuanya. 

Danru BKO Yonif 143/TWEJ ini menjelaskan kepada masyarakat usai acara yasinan, bahwasannya membakar kebun dan lahan dilarang dan dikenakan sanksi hukum. Yakni berupa hukuman pidana penjara. 

BACA JUGA:Keliling Kecamatan, Kodim 0402 OKI Sosialisasi Pencegahan Karhutla

"Kami menghimbau agar jangan membuka lahan untuk bertani atau berkebun dengan cara membakar. Karena bisa dipidana," jelasnya kepada warga yang hadir. 

Danru juga mengajak kepada masyarakat desa agar selalu siaga dan melaporkan kepada aparat setempat apabila terjadi kebakaran.

"Kami juga menghimbau warga jangan sembarangan membuang puntung karena bisa menyebabkan kebakaran terutama saat di kebun," ujarnya. 

Dia menambahkan, untuk wilayah Kecamatan Pemulutan khusus di Desa Ibul Besar 1 ini semoga terhindar dari kebakaran hutan kebun dan lahan. 

BACA JUGA:Manggala Agni Ajak Perusahaan Cegah dan Tanggulangi Karhutla

Untuk diketahui, dengan adanya keberadaan satgas BKO kodim 0402/OKI-OI yang baru beberapa hari ini, jelas tidak bisa dipungkiri sangat membantu dalam meminimalisir karhutbunla. 

Dimana pemerintah melakukan penambahan pasukan TNI dari Kodam II/Sriwijaya sebanyak 350 personel dalam penanganan karhutbunla. Dan dilepas langsung oleh Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil, bersama Forkopimda, di halaman Pemkab OKI, Rabu 11 Oktober 2023. 

Sumber: