Dampak Pengunduran Ketua KONI Prabumulih, Pencairan Dana Talangan Porprov Terancam Molor

Dampak Pengunduran Ketua KONI Prabumulih, Pencairan Dana Talangan Porprov Terancam Molor

Ilustrasi, foto: Ist--

Dampak Pengunduran Ketua KONI Prabumulih, Pencairan Dana Talangan Porprov Terancam Molor

PRABUMULIH, oganilir.co - Dampak pengunduran diri Beni Rizal dari ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sejak 11 September 2023 lalu membuat dana talangan Porprov jadi tertunda.

Padahal Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih sudah menganggarkan dana kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV di Lahat yang akan dibayarkan sistem real cost pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2023 sebesar Rp1,2 miliar. 

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Prabumulih, H Elman ST MM mengatakan, pihaknya sudah mendengar informasi pengunduran diri Beni Rizal dari ketua KONI Prabumulih. "Namun kita belum menerima surat resmi  nya dan masih menunggu," sebutnya, Rabu 18 Oktober 2023.

Dia pun tak menapik, memang informasinya ketua KONI sekarang mundur dan informasinya pula sudah melapor ke KONI Provinsi. "Tapi sampai sekarang belum ada surat tembusan ke kita," jelasnya.

BACA JUGA:Waduh, Ketua KONI Prabumulih Mengundurkan Diri

Pihaknya juga menunggu petunjuk KONI Sumsel, apakah nanti dari provinsi akan menunjuk untuk Plt nya atau seperti apa untuk kepengurusan harian nya atau justru akan mengadakan Musyawarah Luar Biasa sesama pengurus KONI

Lalu, bagaimana dengan hibah Porprov untuk penggantian dana talangan? Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Kota Prabumulih itu mengaku, pihaknya hanya berharap supaya Ketua KONI yang baru cepat ditunjuk, siapapun yang dipercaya KONI provinsi.

"Karena kalau tidak ada yang bertanggung jawab, bagaimana kita mau memberikan dana hibah karena tidak ada yang bertanggung jawab dan kita memberikan hibah juga harus ada laporan pertanggungjawaban," jelasnya.

Apakah akan menyurati KONI Provinsi? Pihaknya mengaku akan memanggil dulu kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan sekretaris KONI terkait perkembangan dan tindak lanjut dari provinsi.

BACA JUGA:Pengurus KONI Ogan Ilir Korban Laka Dijemput Kadisdikbud, Batal ke Lahat

Sebelumnya, Beni Rizal membenarkan kalau dirinya telah mengundurkan diri dari jabatan ketua KONI Prabumulih terhitung 11 September 2023. Salah-satu alasannya, untuk pebih fokus mengemban amanah sebagai ASN dengan jabatan Kepala BKPSDM Prabumulih.

Sumber: