Benarkah Tol Indralaya-Prabumulih Masih Gratis. Cek Disini ?

Benarkah Tol Indralaya-Prabumulih Masih Gratis. Cek Disini ?

Infromasi tidak benar alias hoax mengenai tarif tol Indralaya-Prabumulih, karena sampai saat ini masih gratis--

Benarkah Tol Indralaya-Prabumulih Masih Gratis. Cek Disini ?

OGANILIR.CO- Pasca diresmikannya ruas jalan Tol Indralaya-Prabumulih oleh Presiden RI Joko Widodo, 26 Oktober 2023 lalu. Muncul selebaran informasi dari Whatsapp ke Whatsapp, menyebutkan tariff Tol per 27 Oktober 2023.

Sebelum diresmikan oleh Presiden RI Jokowi , Tol Indralaya-Prabumulih telah dilakukan ujicoba sejak 30 Agustus 2023 lalu , dan selama itu pula belum ada tariff tolnya.

Branch Manager Tol Indralaya-Prabumulih dari PT Hutama Karya, Syamsul Rijal mengatakan, penentuan tarif masih menunggu Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR). 

BACA JUGA:Bupati Panca Mendampingi Presiden Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih.

“Tarif Tol Indralaya-Prabumulih masih gratis. Menunggu Kepmen (PUPR), ” ujar Syamsul Sabu 28 Oktober 2023.

Ruas jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer mulai beroperasi setelah mendapat Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Kementerian PUPR pada 7 Juli lalu. Sebulan setelahnya atau pada 30 Agustus hingga peresmian oleh Presiden Jokowi, Tol Indralaya-Prabumulih dilintasi lebih dari 309 ribu kendaraan.

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo mengatakan, meskipun besaran tarif belum ditetapkan, namun dapat diperkirakan berdasarkan besaran standar yang berlaku. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Tol Indralaya-Prabumulih Dari Titik Nol

“Kalau estimasi tarif yang berlaku sekitar Rp1.338/km-nya. Tapi untuk detail lebih lengkap akan diinfokan setelah Kepmen tarif jalan tol ini telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR,” tukasnya.

Sementara waktu tempuh, tol Indralaya-Prabumulih  diperkirakan hanya membutuhkan kurang lebih 45 menit dari Palembang menuju Prabumulih. Lebih cepat dibanding menggunakan jalan arteri atau non tol  akan yang ditempuh  lebih  2 jam. 

Baik Tol Indralaya-Prabumulih maupun tol Palembang-Indralaya (Palindra) juga menggunakan sistem transaksi tertutup. Pengendara akan melakukan pembayaran saat berada di gardu gerbang tol tempat ingin keluar.(Sid)

Sumber: