Alhamdulillah Kasus ISPA di Banyuasin Turun Berkat Diguyur Hujan

Alhamdulillah Kasus ISPA di Banyuasin Turun Berkat Diguyur Hujan

Ilustrasi, foto: ist--

Alhamdulillah Kasus ISPA di Banyuasin Turun Berkat Diguyur Hujan

BANYUASIN, oganilir.co - Kasus Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) di wilayah Bumi Sedulang Setudung mengalami penurunan.

"Alhamdulilah mengalami penurunan, terutama sejak diguyur hujan beberapa waktu lalu, "kata kepala Dinas Kesehatan Banyuasin Rini Pratiwi didampingi Eni Diana Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit. 

Berdasarkan data pada tanggal 28, 29 Oktober kasus ISPA yang masuk ke dinas kesehatan Banyuasin hanya mencapai 196 kasus." Itu termasuk sedikit, 'bebernya.

Terutama jika dibandingkan sebelum turun hujan dan kabut pekat yang melanda Banyuasin beberapa waktu lalu, kasus ISPA bisa mencapai ribuan kasus. "Bulan September sebanyak 3.514 kasus ISPA, " jelasnya. 

BACA JUGA:Satgas Karhutlah Rentan Terpapar ISPA, Dinkes OKI Gencarkan Layanan Kesehatan

Tapi tidak menutup kemungkinan kasus ISPA akan meningkat, apalagi hari ini pekatnya kabut asap masih muncul, Senin 30 Oktober 2023.

"Hari ini kabut asap mulai kembali pekat, "imbuhnya. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuasin mengharapkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan terutama anak-anak dan juga lansia.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kebudayaan, agar bisa menyesuaikan jam masuk sekolah. Tujuannya, agar tidak cepat terdapat kabut asap yang mulai kembali tebal,"tukasnya.

Masyarakat sendiri harus mengetahui gejala bila mulai terkena ISPA, misalnya mulai mengalami flu biasa, influenza, sinus, batuk dan radang tenggorokan."Kami himbau, bila sudah mulai ada tanda tanda seperti ini lebih baik ke puskesmas, "terangnya.

BACA JUGA:7 Obat Herbal Alami Ampuh Meredakan ISPA

ISPA yang merupakan penyakit menular dan rentan mengenai anak-anak, dimana imunitas mereka memang masih dalam perkembangan." Jadi jaga kesehatan, "pungkasnya.

Sumber: