Mitos Atau Fakta Sering Makan Kacang Dapat Menyebabkan Jerawat, Ini Penjelasannya

Mitos Atau Fakta Sering Makan Kacang Dapat Menyebabkan Jerawat, Ini Penjelasannya

foto: net--

Mitos Atau Fakta Sering Makan Kacang Dapat Menyebabkan Jerawat, Ini Penjelasannya

oganilir.co - Sebagian orang mengira tumbuh jerawat disebabkan karena sering mengonsumsi kacang.

Secara umum penyebab jerawat adalah infeksi penumpukan sel kulit mati, kotoran, debu bisa juga karena pengaruh sabun muka yang tidak cocok dengan kulit.

Jerawat juga bisa disebabkan oleh pengaruh hormon yang biasanya muncul pada perempuan saat menjelang menstruasi atau pada saat hamil. Pada masa - masa tersebut adanya perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh wanita.

Pada umumnya jerawat sering kali dialami oleh kalangan anak remaja karena masa pubertas  dimana produksi minyak sedang meningkat dan melebihi jumlah yang butuhkan oleh kulit.

BACA JUGA:Kalau ke Palembang Wajib Coba Es Kacang Merah Ini , Berikut 4 Rekomedasinya

Dilansir dari web McD kacang jamak mengandung vitamin E.

Beberapa jenis kacang seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang Brazil juga mengandung selenium. Vitamin E dan selenium dapat melindungi sel dari kerusakan dan infeksi.

Pemilik masalah jerawat umumnya kekurangan zat antioksidan seperti vitamin E dan selenium.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung asam lemak esensial omega 3 dan omega 6 yang penting bagi tubuh terutama menjaga kesehatan jantung. Namun, konsumsi asam lemak sehat ini secara berlebihan juga bisa memengaruhi jerawat.

BACA JUGA:5 Manfaat Kayu Manis yang Luar Biasa

Untuk meminimalkan dampak kacang pada jerawat, Anda boleh makan kacang tapi tidak berlebihan.

sebaiknya konsumsilah kacang yang dipanggang dan hindari makan kacang yang digoreng karena mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi.

Inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah, jadi untuk itu disarankan membatasi mengonsumsi makanan manis dan berkadar gula tinggi.

Kadar gula yang tinggi bisa meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah dan menjadi pemicu produksi hormon androgen yang menjadi penyebab jerawat.

BACA JUGA:Catat! ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Meskipun, mengkonsumsi kacang sebagai penyebab utama timbulnya jerawat tetapi itu hanya mitos belaka namun jika jerawat di wajah susah hilang atau punya pemasalahan wajah lainnya disarankan untuk memeriksakannya pada dokter ahli.

Sumber: