Catat, ini 5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh Salah Satunya Dapat Mengobati Terkilir

Catat, ini 5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh Salah Satunya Dapat Mengobati Terkilir

Manfaat kencur--

Catat, ini 5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh Salah Satunya Dapat Mengobati Terkilir

oganilir.co - Kencur juga dikenal sebagai Kaempferia galanga, adalah tanaman herbal yang telah lama dikenal karena manfaatnya sebagai obat tradisional. Tumbuhan ini sering digunakan sebagai rempah-rempah dan berasal dari Asia Tenggara. Namun, kencur mentah memiliki banyak manfaat di luar dapur.

Manfaat kencur yang terkenal dengan sifat antioksidannya dan kaya akan kandungan fenol, tanin, flavonoid, saponin, dan alkaloid ini merupakan solusi alami untuk masalah pencernaan, kolesterol tinggi dan peradangan. 

Bukan cuman enak untuk campuran makanan, kencur juga mengandung senyawa  bioaktif gingerol yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa anti-inflamasi dan antioksidan ini mengurangi stres oksidatif dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat kencur sebagai berikut:

BACA JUGA:Mau Diet? Minum Obat Alami Berikut ini

1. Tubuh Lebih Berenergi

Jahe meningkatkan energi dengan antioksidannya, yang kaya dan juga menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Ini membantu tubuh mendapatkan kembali energi yang hilang. Jahe ini meningkatkan tingkat energi dengan mengurangi kelelahan dan memungkinkan orang untuk beristirahat. Melalui energi, ia menciptakan kesadaran terhadap lingkungan sekitar dan membantu orang mengatasi kelelahan.

2. Menyembuhkan Batuk

Rebusan kencur yang aromatik adalah obat yang sangat baik untuk gejala batuk. Anda perlu mencuci akarnya, mengupasnya, dan memarutnya. Kemudian saring untuk memeras sarinya. Anda juga bisa menambahkan jeruk nipis dan madu dan meminum tonik ini sampai gejalanya berkurang. 

3. Mengobati Otot Terkilir

Anda bisa mengonsumsi kencur dengan dengan cara dihaluskan bersama beras. Kemudian oleskan campuran ini secara merata pada bagian yang tekilir.

4. Meredakan Rasa Mual

Kencur mungkin efektif mengurangi rasa mual, terutama mual yang berhubungan dengan kehamilan. Ini mengurangi kemungkinan dan gejala penyakit serta mengurangi muntah bagi kebanyakan orang. Itu juga merupakan obat sempurna bagi mereka yang merasa mual akibat kemoterapi.

Sumber: