Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Indralaya Utara Ogan Ilir, Terapkan Kurikulum Merdeka

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Indralaya Utara Ogan Ilir, Terapkan Kurikulum Merdeka

Kepala sekolah SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Thohir Hamidi memberikan pengarahan pemilihan Ketua OSIS--

        OGAN ILIR, OGANILIR.CO.- Meski Kurikulum Merdeka yang diluncurkan Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburistek)  pada Februari 2022. Namun implementasinya sudah  jauh sebelumnya dilaksanakan oleh lembaga sekolah.

        Salah satunya dalam proses pemilihan Ketua OSIS yang dilaksanakan SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, yang berlangsung Selasa ,13 September 2022.

        “Kita hari ini sengaja melaksanakan pemilihan Ketua OSIS Periode  Tahun 2022-2023, yang melibatkan semua tenaga pendidik dan siswa, dan ini bagian implementasi dalam penerapan Kurikulum Merdeka ,’’kata Kepala Sekolah SMAN 1 Indralaya Utara Drs. Thohir Hamidi MSi.

        Dikatakan Thohir, Pemilihan Ketua OSIS ini merupakan bagian dari pembelajaran intrakurikuler dari project penerapan kurikulum merdeka .

Dimana dalam proses tahapan pemilihan Ketua OSIS, siswa yang awalnya tidak pernah berbicara didepan umum atau teman-teman dan para tenaga didik, ternyata mampu tampil  berbicara . Para kandidat Ketua OSIS menyampaikan visi dan misi  dengan baik.

        Thohir berharap, dengan terpilihnya Ketua OSIS yang dilaksanakan secara demokratis, mampu mengendalikan dan memimpin sesuatu yang telah diamanahkan dan dipercayakan sesuai dengan  visi dan misi yang pernah disampaikan ketika  berlangsung pemilihan Ketua OSIS,’’Perlu diketahui dan diingat , kegiatan intrakurikuler dalam sebuah sekolah, pemegang kendalinya adalah OSIS, dan OSIS salah satu organisasi yang legal dan resmi berdasarkan aturan yang ada disekolah’’jelas Thohir,

Dimana dengan OSIS sebagai wadah anak anak didik untuk berkreasi, berkarya dan berinovasi, seperti contoh kegiatan Kepramukaan, Paskibra, dan kegiatan lainnya tentu  harus melalui koordinasi OSIS ,’’Jadi OSIS merupakan motornya kegiatan siswa, kalau motornya mati, jangan berharap kegiatan bisa berjalan dengan baik,’’ujarnya.

        Masih kata Thohir, dirinya juga berharap, visi dan misi yang disampaikan saat berlangsungnya pemilihan Ketua OSIS, bukan kanya slogan melainkan harus dijalankan yang harus dilaksanakan.

“Agar visi dan misi bisa berjalan, maka pilihlah orang-orang yang bisa diajak bekerjasama, jangan berdasarkan  kedekatan, menyusun kabinet nanti harus  dipertimbangkan dengan memilih pengurus sesuai dengan  keinginan kita semua,’’tukasnya.

Sementara pantauan OGANIlIR.CO. proses tahapan pemihan Ketua OSIS SMAN 1 Indralaya Utara berlangsung sukses dan lancar yang diwarnai juga penampilan tarian kreasi para siswa.

7 kandidat calon ketua OSIS tampil satu persatu menyampaikan visi dan misi  dihadapan para guru dan siswa.

Adapun 7 kandidat calon yakni Fitra Abdul Sani, Egie Aprian, Rolanda Mepa R, Idris Dwipa Munadi, Putra Rizky R, Agung Mulya F dan Nia Ramadhani.

Hasilnya Egie Aprian dengan nomor urut 3  unggul dengan meraih  148 suara dari 401 suara yang diperebutkan,  dengan jumlah surat suara yang masuk 378 suara, blangko 20 suara, dan rusak 3 suara (sid)

Sumber: