3 Keutamaan Salat Hajat Agar Dikabulkan Keinginan dan Harapan

Rabu 13-12-2023,11:18 WIB
Editor : Eni Nurhayati

3 Keutamaan Salat Hajat Agar Dikabulkan Keinginan dan Harapan

oganilir.co - Salat hajat merupakan ibadah sunah yang dikerjakan kaum muslim ketika memilki keinginan atau hajat tertentu.

Ibadah tersebut dikerjakan dengan jumlah paling sedikit dua rakaat pada malam hari.

Disarankan untuk membaca Ayat Kursi dan surah Al-Ikhlas pada tiap rakaat.

Dalam hadis dijelaskan mengenai salat hajat, Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Salat Dhuha Selain Pembuka Pintu Rezeki

“Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian salat dua rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘allaihi wasallam pun mengajarkan bahwa kita senantiasa untuk meminta kepada Allah SWT melalui sholat. Terutama, bila sedang dalam kondisi memilliki hajat.

Sementara itu, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam bukunya Fiqih Empat Mazhab menulis, “ Dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.”

Berikut ini 3 keutamaan salat hajat.

BACA JUGA:5 Keutamaan Salat Tahajud, Membawa ke Tempat yang Mulia Serta Doanya Dikabulkan

1. Doa Mudah Dikabulkan

Melalui Salat hajat, doa-doa yang dipanjatkan akan dimudahkan untuk dikabulkan. Salat hajat menjadi salah satu ibadah yang khusus meminta pada Allah agar keinginan dikabulkan. Seorang Muslim yang memiliki kepentingan disarankan untuk mendirikan Salat hajat. 

2. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Banyak cara untuk mendekatkan diri pada Allah. Salah ssatunya, yakni melalui Salat hajat. Ketika seorang hamba sedang dirundung masalah maka berserah diri kepada Allah menjadi salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan. Melalui Salat hajat, seorang hamba yang sedang kesulitan akan didekatkan pada Allah SWT. 

Kategori :