5 Manfaat Salat Taubat, Salah Satunya Menghindari Siksa Kubur

Kamis 14-12-2023,12:36 WIB
Editor : Eni Nurhayati

5 Manfaat Salat Taubat, Salah Satunya Menghindari Siksa Kubur

oganilir.co - Sebagai umat muslim penting untuk diketahui apa itu salat taubat.

Salat Taubat merupakan ibadah sunah yang dikerjakan untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa - dosa yang telah dilakukan.

Dari Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّر – وفي رواية: فيحسن الوضوء – ، ثُمَّ يُصَلِّى – وفي رواية: ركعتين –، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّه؛َ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ»، ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ {وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

 

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Salat Dhuha Selain Pembuka Pintu Rezeki

"Tidaklah seorang (muslim) melakukan suatu perbuatan dosa, lalu dia bersuci – dalam riwayat lain: berwudhu dengan baik –, kemudian melaksanakan shalat – dalam riwayat lain: dua rakaat –, lalu meminta ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni (dosa)nya”.

Berikut ini 5 keutamaan salat taubat.

1. Menebus Dosa

Keutamaan utama dari sholat taubat adalah sebagai sarana untuk menebus dosa-dosa yang telah dilakukan. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Furqan ayat 70, “Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka, Allah akan mengganti kesalahan mereka dengan kebajikan. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

2. Meningkatkan Ketaqwaan

Dengan melakukan sholat taubat, seseorang juga akan semakin meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT. Karena sholat taubat dilakukan sebagai bentuk tobat atas dosa-dosa yang telah dilakukan, maka pelakunya akan semakin merasa rendah hati dan lebih dekat dengan Allah SWT.

BACA JUGA:Salat Jumat di Masjid Nurul Islam, Ada Snacknya Lho

3. Menghindari Siksa Kubur

Kategori :