Ini 4 Keutamaan Puasa Arafah, Selain Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

Jumat 15-12-2023,11:32 WIB
Editor : Eni Nurhayati

Ini 4 Keutamaan Puasa Arafah, Selain Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

oganilir.co - Puasa arafah merupakan ibadah puasa sunah yang jatuh pada tanggal 9 Zulhijah dan dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim.

Hal ini di anggap karena ibadah piasa sunah ini istimewa karena dikerjakan pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, yaitu hari- hari yang di cintai oleh Allah SWT.

Mengutip situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هٰذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللّٰهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

BACA JUGA:Catat! ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Artinya: Tidak ada hari di mana amal salih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Zulhijah. Para sahabat bertanya: 'Tidak juga dari jihad fi sabilillah?' Beliau menjawab: 'Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.

Umat muslim dianjurkan berpuasa sunah mulai tanggal 1 hingga 9 Zulhijah. Di mana puasa pada 9 Zulhijah disebut puasa Arafah.

Ibadah puasa ini dilakukan dua hari menjelang Idul Adha.

Berikut ini 4 keutamaan puasa arafah.

BACA JUGA:Mari Puasa Ayyamul Bidh Jumadil Awal: 27,28,29 November 2023, Niat dan Keutamaanya

1. Pahala yang berlimpah dan ampunan dosa

Barang siapa yang menjalankan banyak ibadah sunnah seperti puasa tarwiyah dan arafah akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Tak hanya itu, Allah juga akan memberikan ampunan dosa selama dua tahun, yang lalu dan yang akan datang.

Hal itu tercantum dalam Hadis Riwayat (HR) Muslim. "Puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan yang akan datang, dan puasa Asyura (10 Muharam) dapat menghapus doa setahun yang lalu.

2. Dicintai Allah SWT

Kategori :