Manfaat Puasa Senin Kamis dari Sisi Medis, ini Penjelasannya

Manfaat Puasa Senin Kamis dari Sisi Medis, ini Penjelasannya

Ilustrasi puasa.--

Manfaat Puasa Senin Kamis dari Sisi Medis, ini Penjelasannya

oganilir.co - Selain puasa wajib bagi umat Islam di Bulan Ramadan, Allah SWT juga menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah. Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW tersebut adalah puasa Senin dan Kamis.   

Bagi muslim yang sudah terbiasa melaksanakan puasa Senin Kamis, menjalankan salah satu ibadah sunnah tersebut sayang dilewatkan. Banyak manfaat yang didapat seseorang melaksanakan puasa Senin Kamis tersebut dari segi medis atau kesehatan.

Dari sisi medis, orang yang rutin berpuasa Senin Kamis dapat menjadi cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan organ tubuh, dan sebagainya.

BACA JUGA:Mari Puasa Ayyamul Bidh Jumadil Awal: 27,28,29 November 2023, Niat dan Keutamaanya

Anda yang penasaran manfaat berpuasa Senin Kamis, berikut ini penjelasannya:

Dalil Tentang Anjuran Puasa Senin Kamis

Rasulullah SAW menganjurkan umat-Nya untuk menjalani puasa Senin Kamis dengan banyak alasan. Ada beberapa dalil yang mendukung hal ini, berikut ini diantaranya:

Dalam HR Tirmidzi, Rasulullah SAW telah bersabda yang artinya:

“Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa.” (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Hukum Berpuasa Pada Tanggal 10 Zulhijah dan Setelahnya

Selain itu, di luar bulan Ramadan, Allah juga membuka pintu-pintu surga untuk umat-Nya setiap pekannya, tepatnya di hari Senin dan Kamis.

“Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan." (HR Muslim, No. 4652).

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa berpuasa di Senin Kamis diampuni dosanya. Berikut dalilnya:

Sumber: