BACA JUGA:46.201 Kendaraan Melintasi Tol Palembang-Prabumulih.
Mengenai tantangan engineering dan jenis konstruksi yang dihadapi dalam pembangunan ruas tol Kapalbetung adalah konstruksi tahap 1 (Kayu Agung – Jakabaring - Kramasan) sepanjang 42. 5 km ialah PVD+Vacum/Preloading, Replacement, Pile Slab dan Jembatan. Selanjutnya konstruksi tahap 2 (Kramasan – Betung) sepanjang 69.19 km ialah Replacement, PVD+Vacum, galian, Pile Slab dan Jembatan.
Dalam ruas tol Kapalbetung ini juga terdapat 3 jembatan tol dengan bentang Panjang, antara lain Jembatan Ogan 1,589 m (sudah terbangun, jembatan tol terpanjang saat ini di Indonesia), Jembatan Kramsan 1,217 m dan terakhir Jembatan Musi 1,684 m.
Kelanjutan pembangunan Jalan Tol ini merupakan salah satu komitmen Pemerintah dalam peningkatan konektivitas antar wilayah dan pemenuhan kebutuhan jalan tol khususnya jalan tol Trans Sumatera yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).
Manfaat secara langsung dengan adanya jalan tol kapalbetung ini bisa mempersingkat jarak tempuh dan waktu tempuh sehingga biaya BBM dan maintenance kendaraan lebih efisien jika dibanding dengan lewat jalan biasa non tol.