Belanda vs Ekuador Berburu Tiket Pertama, La Tricolor Tak akan Memberikan Karpet Merah, Punya Kans yang Sama

Jumat 25-11-2022,17:14 WIB
Editor : Julheri

Kekalahan dari Senegal dan hasil apapun dari duel Belanda kontra Qatar di laga terakhir tidak akan menggeser Ekuador dari posisi dua teratas Grup A. Sebaliknya, jika Ekuador menang dan Senegal juga bisa menekuk Qatar, peraih tiket akan ditentukan di laga pamungkas grup.

Berkaca pada statistik, Belanda jelas difavoritkan memenangi laga ini dan mengunci tiket. Selain unggul rangking FIFA dan rapor yang lebih meyakinkan menyongsong laga ini, De Oarnje juga punya rekor head to head lebih baik.

Di dua pertemuan kedua negara sebelumnya, Belanda menang dan imbang sekali. Tak hanya itu, mereka juga tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan Piala Dunia terakhir melawan tim Amerika Selatan. 

BACA JUGA:Dramatis, Portugal Tumbangkan Ghana, Laga Ketat Sampai Akhir, 5 Gol Tercipta, Celeccao vs Black Stars 3-2

Tidak termasuk kekalahan adu penalti dari Argentina di semifinal Piala Dunia 2014, mereka mencatatkan lima kemenangan dan tiga hasil imbang. Belanda terakhir kali kalah dari tim CONMEBOL saat diekuk Brasil dengan skor 3-2 di perempat final Piala Dunia 1994.

Sementara Ekuador, mereka tidak pernah menang dalam empat pertandingan Piala Dunia terakhir mereka melawan tim Eropa. Hasil terbaik mereka hanya berupa satu hasil imbang. Mereka juga hanya mencetak satu gol dalam empat pertandingan tersebut. Tapi kejutan-kejutan yang terjadi di awal Piala Dunia 2022 ini meyakinkan Ekuador bahwa mereka bisa mengalahkan Belanda. Dan itulah yang mereka kampanyekan jelang duel ini.

BACA JUGA:Uruguay vs Korea Selatan Tanpa Pemenang, Kedua Tim Berbagi Poin, Hasil 0-0 Keempat Piala Dunia Qatar 2022

“Saya rasa kekalahan Argentina (dan Jerman) tidak akan menjadi kejutan terakhir di Piala Dunia ini. Meskipun Belanda menang, mereka seimbang melawan Senegal. Pasti ada cara untuk menyakiti Belanda,” kata penjaga gawang Ekuador Hernan Galandez dikutip dari The Analyst.

Pelatih Ekuador Gustavo Alfaro menambahkan, kemenangan atas Qatar baru langkah pertama. Jika ingin melangkah lebih jauh, mereka membutuhkan hasil positif lainnya kontra Belanda. 

Makanya, ia berharap performa timnya bisa lebih baik. “Kalau mau ke babak knockout, kita harus finis dengan baik. Jika kita ingin melangkah lebih jauh, kita perlu meningkatkan ini. Beberapa tim, bahkan setelah memenangkan pertandingan pertama mereka, tidak lolos,” jelas Alfaro di Daily Mail.

BACA JUGA:Brasil Obok-obok Kotak Penalti Serbia, Tapi Sayang Bek The Eagles Super Tangguh, Babak Pertama Imbang 0-0

Memphis Depay masuk sebagai pemain pengganti saat Belanda menang 2-0 atas Senegal. Dengan kondisinya saat ini, ia berpeluang jadi starter. “Dia ingin bermain dengan Ekuador, tapi saya harus mengevaluasi performanya,” ujar pelatih Belanda, Louis van Gaal di OA Sport.

Cody Gakpo masih akan menjadi sorotan utama di laga ini setelah mencetak gol bersama Davy Klaassen di laga pertama. Sebaliknya, di kubu Ekuador yang masih menunggu perkembangan Enner Valencia, mereka akan berharap banyak pada kreativitas Pervis Estupinan. (amr)

 

Kategori :