Eks Kantor Dinkes Ogan Ilir, Bakal Disulap Jadi Tempat Sidang PN

Senin 03-06-2024,15:44 WIB
Reporter : DNN
Editor : Sardinan

Selain keduanya saling memperkenalkan diri,  ajang silaturrahmi , juga menjelaskan tufokasi masing-masing keduanya yakni peran dan fungsi  Pers dan Peran Pengadilan Negeri sendiri.

BACA JUGA:Usai Pimpin Apel Bersama, Pj Wako Prabumulih Halal Bihalal dengan PNS

"Terima kasih  atas sambutannya kepada kami, sehingga jalinan konukasi antara wartawan dibawah naungan PWI Ogan Ilir dengan Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung Guntoro Eka Sekti, SH MH berserta jajaran, dapat terjalin dengan baik,’’kata Ketua PWI Ogan Iir Fredi Kurniawan.

Fredi mengatakan tujuan kedatangan PWI Ogan Ilir adalah untuk bersilaturahmi memperkenalkan diri dan berharap dukungan sepenuhnya dari Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung

,"Selama ini PN di Ogan Ilir belum ada, keberadaan PN masih berada di Kayuagung OKI yang ikut membawahi wilayah Ogan Ilir, sehingga perlu adanya sinergitas antara keduanya,’’pinta Fredi. 

BACA JUGA:Pelaku Curat di Banyuasin Dihadiahi Timah Panas

Menurut Fredi, di dalam organisasi PWI, wartawan Indonesia berkerja berdasarkan Kode Etik Jurnalis (KEJ) , UU Pers no 40 Tahun 1999 dan kode perilaku wartawan.

"Perlu diketahui, wartawan yang tergabung dalam wadah organisasi PWI, mereka bekerja  dimasing–masing perusahaannya. Namun dengan adanya  PWI sebagai rumah organisasi tentu diharapkan akan mampu menjembatani antara wartawan dengan para mtra kerjanya dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya,’’katanya 

Ditambahkan Fredi, bahwa organisasi PWI tidak mempunyai anggaran dari negara, PWI hidup mandiri,  baik ketika di zaman pendahulunya wartawan dalam membuat berita hanya mengandalkan mesin ketik sampai zaman moderen ini yang didukung dengan digital ini membuktikan wartawan memang sangat  berperan dan diperlukan , karena  wajah dari suatu daerah itu tergantung dari wartawanya,’’ulasnya .

BACA JUGA:Gedung Pengadilan Agama Pangkalan Balai Diresmikan

"Oleh karenanya, Kami berharap bukan hanya wartawan OKI saja yang di prioritaskan dalam kegiatan Pengadilan Negeri Kayuagung, tetapi PWI Ogan Ilir diikut sertakan dalam setiap kegiatan Pengadilan Negeri Kayuagung,’’pintanya 

Sementara Ketua PN  Kayu Agung Guntoro Eka Sekti, SH,MH menyambut baik kunjungan silaturahmi PWI Ogan Ilir, ia mengapresiasi keberadaan PWI Ogan Iir  sebagai wadah kegiatan jurnalis yang bertugas secara profesional. 

"Kami membuka pintu seluas-luasnya bagi wartawan yang ingin mencari informasi masalah kegiatan Pengadilan Negeri Kayuagung ini, bisa langsung ke saya sendiri malalui wawancara tatap muka pun boleh, telpon langsung atau pun melalui WA juga boleh,"katanya.

BACA JUGA:Pengadilan Agama Catat Kasus Perceraian di Prabumulih Masih Stabil

Apalagi dizaman modern dan keterbukaan saat ini,  sangat mudah untuk mencari informasi  tentang kegiatan pengadilan, cukup klik Aplikasi  Sistem Informasi Penyaluran Perkara (SIPP). Baik masyarakat ataupun wartawan bisa langsung tahu tentang proses pengalihan, kapan di mulainya persidangan, beberapa kali di sidangnya, dan apa hasil sidangnya.

"Pengadilan adalah sebuah organisasi karena tugas pengadilan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, pengadilan tidak boleh memihak siapa yang salah dan siapa yang benar, bersikap netral," ujarnya.

Kategori :