Pustu-Polindes Talang Jaya OKI Memprihatinkan

Kamis 15-08-2024,11:47 WIB
Reporter : Nisya
Editor : Dendi Romi

KAYUAGUNG, oganilir.co - Kondisi Puskesmas  Pembantu (Pustu)  dan Polindes Desa Talang Jaya, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pasalnya, plafon dan atap bangunan hampir ambruk karena tiga tahun terakhir belum ada perbaikan.

Bidan Pustu Talang Jaya, Lisna Astuti mengaku, dia bersama kepala Pustu dan dua bidan lainnya selalu merasa khawatir plafon dan atap jebol jika angin kencang. "Sekarang di musim kemarau seperti ini angin selalu berhembus kencang dan mempengaruhi kekuatan plafon," kata Lisna, Kamis 15 Agustus 2024.

Jika pengunjung tengah ramai, dia memindahkan pelayanan di luar ruangan untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan. Selama ini pihaknya hanya melakukan perbaikan seadanya saja."Kalau ada yang bisa perbaiki kami lakukan perbaikan dengan dana pribadi," ujarnya.

BACA JUGA:Heboh, Paslon Foto Bareng dengan Pegawai Puskesmas, Camat Dampingi Berikan Bantuan Korban Kebakaran

Dia mengakui, pihaknya sudah berapa kali mengajukan untuk perbaikan ke Dinas Kesehatan OKI. Namun, sayangnya sampai saat ini tidak ada bantuan perbaikan dari dinas terkait. Pengunjung yang datang cukup ramai.

"Kami minta ada perbaikan karena Pustu dan Polindes masih tetap digunakan," bebernya.

Seperti kusen pintu juga sudah banyak bubuk kayu. Plafon yang berada di kamar mandi juga banyak yang sudah rusak. Karena kondisi kemarau pihaknya juga membeli air bersih karena sumur sudah kering.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan OKI Herman berjanji akan melakukan perbaikan karena ada Program Integrasi Layanan Primer. Itu merupakan program pembangunan dan rehab fasilitas pelayanan kesehatan.

BACA JUGA:Kompak, Petugas Puskesmas Sungai Lumpur Minta Kepala Puskesmasnya Dicopot karena Tak Cairkan BOK

"Kita akan menggunakan dana Program Integrasi Layanan Primer untuk perbaikan Pustu dan Polindes Talang Jaya," tukasnya.

Kategori :