Pelabuhan Tanjung Priok Disandari 3 Kapal Perang Italia, Ada Apa?

Selasa 17-09-2024,10:07 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

JAKARTA, oganilir.co - Ada pemandangan menarik di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara sejak Sabtu 14 September Selasa 17 September 2024. Tiga kapal perang Italia berlabuh di pelabuhan tersebut. Angkatan Laut Italia mengirim tiga kapal perang mereka ke Indonesia dalam rangka port visit.

Tiga kapal perang itu terdiri atas Kapal Induk ITS Cavour C-550, Kapal Fregat ITS Alpino F-594, dan Kapal PPA ITS Raimondo Montecuccoli P-432.

Menurut keterangan resmi TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali bersama sejumlah pejabat teras Angkatan Laut sudah sempat melihat langsung kapal-kapal tersebut.

Orang nomor satu di TNI AL itu bahkan hadir secara langsung dalam acara Deck Reception yang dilaksanakan di atas kapal perang Italia ITS Cavour C550 pada Ahad (15/9) malam. 

BACA JUGA:Iran Ancam Serang Israel, AS Kirim Kirim Kapal Perang ke Timteng

Melalui kesempatan tersebut, Laksamana Ali menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dengan Italia sangat penting.

Menurut mantan panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I tersebut, Deck Reception yang diselenggarakan di atas kapal induk tersebut merupakan kesempatan penting untuk mempererat hubungan dan kerja sama antara TNI AL dengan Angkatan Laut Italia. 

”Kesempatan ini memungkinkan kita untuk bertukar wawasan dan perspektif tentang perkembangan terbaru dalam pertahanan dan teknologi maritim,” ungkap Ali. 

Tiga kapal perang milik Italia bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok lebih kurang empat hari. Berbagai agenda dan kegiatan berlangsung selama kapal ketiga kapal perang tersebut sandar.

BACA JUGA:Perang Israel Vs Hamas Makin Memanas, 3 Negara ini Kirim Kapal Perang ke Timur Tengah

Termasuk diantaranya agenda dan kegiatan bersama media massa di Jakarta. Mereka dijadwalkan untuk berkunjung dan meliput port visit yang dilaksanakan oleh Angkatan Laut Italia di Indonesia hari ini (17/9). 

 

Kategori :