Hujan Turun, Tugas BPBD OKI Padamkan Karhutla Berkurang

Selasa 01-10-2024,14:13 WIB
Reporter : Nisya
Editor : Dendi Romi

KAYUAGUNG, oganilir.co - Hujan yang turun lima hari terakhir dengan intensitas sedang hingga lebat, membuat wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang selalu terpantau hotspot dan fire spot, hingga Senin (30/9) nihil.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI, Nova Triyussanto mengungkapkan, hujan yang turun sekarang merata di beberapa wilayah termasuk rawan Karhutla.

"Alhamdulillah hujan sudah cukup intens turun," kata Nova, Selasa 1 Oktober 2024.

Sehingga sangat membantu petugas di lapangan yang biasa berjibaku memadamkan api untuk bisa merasakan kegiatan yang tidak menyita tenaga.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan Sehat yang Cocok Saat Musim Hujan

Hujan yang turun memang luar biasa membantu petugas saat ini kondisi gambut juga mulai basah, jadi sulit untuk terbakar berbeda saat musim kemarau yang rentan sekali terbakar.

Meski demikian pihaknya tetap standby melakukan patroli di lapangan dengan mengecek kondisinya langsung. Kemudian sosialisasi kepada masyarakat.

Turun hujan yang mulai intens saat ini tetap meminta warga tidak membakar lahan karena ditakutkan rawan terbakar. Meski demikian, ini belum masuk puncak musim penghujan.

Kategori :