Calon Kepala BIN M Herindra Ikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPR RI

Rabu 16-10-2024,11:52 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

JAKARTA, oganilir.co - Badan Intelijen Negara (BIN) akan berganti nakhoda. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan M Herindra sebagai calon pengganti Budi Gunawan. 

Hari ini Rabu 16 Oktober 2024, M Herindra menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR RI. Agenda fit and proper hari ini dipimpin langsung oleh pimpinan DPR RI, termasuk Puan Maharani.

"Tertutup, nanti sesudahnya ya," kata Ketua DPR RI Puan saat tiba di Gedung Nusantara II, DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 16 Oktober 2024.

Herindra sendiri tiba di lokasi pukul 10.51 WIB. Ia tampak melempar senyum kepada awak media. Herindra tampak mengenakan setelan jas dengan kemeja berwarna biru muda.

"Nanti aja ya," ujar Herindra singkat ketika ditanyai soal persiapannya menjalani fit and proper oleh awak media.

BACA JUGA:Wakil Menteri LHK Tinjau Berkas Karhutla Desa Palemraya Ogan Ilir

Tampak mendampingi Herindra ke ruang Komisi I DPR RI, yakni Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Saan Mustopa, Adies Kadir hingga Cucun Ahmad Syamsurijal.

Diketahui DPR telah menerima surat presiden mengenai pengangkatan Kepala BIN yang baru. Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan nama Kepala BIN yang diusulkan adalah M Herindra, Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024.

"Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra yang insyaAllah akan dilaksanakan fit and proper (test)-nya atau pertimbangan dari DPR-nya itu insyaallah besok pagi di DPR," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam konferensi pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10).

 

Kategori :