Aldi Satya Juara WSPP300, Jadi Pembalap Indonesia Pertama Raih Gelar FIM

Senin 21-10-2024,10:59 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

oganilir.co - Di tengah hiruk pikuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta pengumuman nama-nama Menteri Kabinet Merah Putih, prestasi ditorehkan pembalap muda berbakat asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Aldi Satya Mahendra, pembalap asal DIY ini meraih prestasi gemilang di ajang World Supersport 300 (WSPP300). 

Aldi mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih gelar Juara Dunia FIM Supersport 300. Ia mengunci gelar tersebut setelah berhasil finis di posisi keenam pada Race 2 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Ahad 20 Oktober 2024.

Kemenangan ini semakin mengukuhkan nama Aldi di kancah internasional. Pada Race 1, Aldi juga tampil impresif dengan finis di posisi ketiga dan berhasil mengamankan podium.

Hasil tersebut membuat Aldi mengumpulkan poin yang tak terkejar oleh rival terdekatnya, Loris Veneman, pembalap asal Belanda dari tim MTM Kawasaki. Meski finis satu posisi di depan Aldi pada Race 2, Veneman harus puas melihat pembalap asal Indonesia ini menjadi yang terbaik secara keseluruhan.

BACA JUGA:Marquez Bersaudara Samai Rekor Pembalap MotoGP Jepang, ini Arti Ciuman Pipi Marc ke Alex

"Saya sangat senang. Ini adalah impian saya sejak kecil," kata Aldi usai meraih gelar juara dunia dikutip dari situs resmi WorldSBK . Ia pun mengungkapkan rasa bangganya bisa menjadi Juara Dunia pertama dari Indonesia di ajang balap internasional tersebut.

Aldi menyatakan bahwa keberhasilannya ini tidak lepas dari inspirasi sang kakak, Galang Hendra Pratama, yang lebih dulu berlaga di ajang serupa. "Ketika saya melihat kakak saya berlomba di WorldSSP300 dan WorldSSP, saya ingin menjadi seperti dia!" ungkapnya.

Meski hanya butuh empat poin untuk mengunci gelar sebelum Race 2, Aldi tetap menunjukkan performa yang solid sepanjang balapan. Ia memastikan dirinya tetap berada di posisi 10 besar saat memasuki putaran terakhir di Jerez.

BACA JUGA:5 Pembalap MotoGP Spanyol Kena Penalti, Ada Apa?

Perjuangan Aldi di musim ini memang tidak mudah. "Untuk musim ini, saya hanya melakukan yang terbaik dan tidak pernah memikirkan Kejuaraan," kata Aldi, mencerminkan kerendahan hati dan fokusnya selama musim balapan.

Ia mengaku bahwa di ronde terakhir di Jerez, tekanan semakin besar karena ia mulai memikirkan gelar juara. "Di ronde ini saja, saya terlalu banyak memikirkannya! Di Race 2, saya kebingungan," ujarnya dengan jujur.

Namun, berkat ketenangan dan pengalamannya, Aldi mampu menjaga fokus sepanjang balapan. "Saya hanya terus fokus dan akhirnya saya meraih Juara Dunia," imbuhnya.

Dalam balapan tersebut, Aldi mengendarai motor Yamaha YZF-R3 yang menjadi andalannya sepanjang musim. Motor ini telah membantunya bersaing dengan para pembalap top dunia di kelas WSSP300.

BACA JUGA:Menpora Pastikan MotoGP 2025 Singgah di Mandalika

Kategori :